Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Dilantik, Pemuda Katolik diminta junjung nilai kemanusiaan

Pengurus Pemuda Katolik Komda Papua usai dilantik, Sabtu, 15 Juni 2019 di Padangbulan – Jubi/IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Papua dilantik pada Sabtu lalu, 15 Juni 2019 di Padangbulan, Distrik Heram, Kota Jayapura. Pelantikan dihadiri para anggota, senior, pembina, dan Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia Papua, Otniel Deda, dan organisasi kepemudaaan lainnya.

Pastor Floridus Anjelus Naja OSA, didampingi  salah satu dewan Pembina Pemuda Katolik, Apollo Safanpo, melantik Alfonsa Jumkon Wayap, Sekretaris Umum Donatus Dony Waromri, Wakil Ketua I Simon Petrus Bame, dan Bendahara Theresia Avillia Korain, serta 40 pengurus lainnya dengan tema “Pergilah Kamu Diutus”.

Pastor Floridus setelah pelantikan di sela-sela misa perutusan dan pemberkatan mengingatkan kepada pengurus, supaya menjadi Pemuda Katolik yang disiplin, loyal, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

“Bekerjalah dengan jujur dan penuh tanggung jawab. Dimanapun kami bekerja, kamu harus jeli melihat persoalan di tengah masyarakat,” katanya.

Loading...
;

“Jangan jadi pemuda yang malas tahu dengan situasi, teruslah berjuang demi kepentingan bersama (Bonum Commune),” lanjutnya.

Senior dan tokoh Pemuda Katolik Papua, Apolo Safanpo, meminta kepada para pengurus yang dilantik agar menjalankan organisasi ini, dengan komitmen bersama dan terus menyiapkan diri dalam menghadapi berbagai tantangan global di era milenial.

“Berbagai dinamika persoalan di tengah kehidupan bermasyarkat, sebagai pemuda, bisa menjadi jembatan dalam melihat persoalan.Terus berjuang demi Pro Ecclesia Et Patria (demi gereja dan bangsa),” katanya.

Dia juga berharap agar organisasi ini dapat berkontribusi bagi kepentingan umum.

“Kepada ketua yang baru, Alfonsa Jumkon Wayap, embanlah tugas mulia ini dengan sikap loyalitas dan berguna bagi sesama,” katanya.

Kepada pengurus lainnya, Safanpo, yang juga Rektor Universitas Cenderawasih ini meminta agar mereka harus bersinergitas dan membuka diri untuk berelasi dengan berbagai organisasi lainnya.

“Pemuda-Pemudi Kataolik yang sedang menempuh pendidikan perguruan tinggi di kota ini, mari meleburkan diri dalam wadah-wadah seperti ini,” kata Safanpo.

Ketua Pemuda Katolik Komda Papua, Alfonsa Jumkon Wayap, usai dilantik mengajak semua pengurus untuk bersama-sama menghidupkan organisasi ini, sebab, matinya dan hidupnya organisaisi ada pada pengurus.

Wayap juga mengharapkan agar para senior pemuda Katolik dan Gereja mengarahkan dan mengingatkan organisasi dan pengurus jika menyimpang dari ajaran sosial gereja.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada senior yang sudah membantu kami, sehingga semua proses pelantikan ini bisa berjalan dengan lancar,” kata Alfonsa Wayap.

Usai dilantik, ketua dan sekretaris akan mengikuti Rapat Kerja Nasional Pemuda Katolik se-Indonesia di Jakarta, 21-23 Juni 2019.

Di masa kepemimpinnya, Wayap juga berkomitmen untuk menghidupkan kembali cabang-cabang Pemuda Katolik di kabupaten/kota, yang selama ini dianggap “mati suri”. Diketahui sebanyak 19 cabang definitif Pemuda Katolik yang selama ini vakum. Pihaknya juga akan membentuk anak cabang di Kabupaten Mamberamo Raya. (*)

Editor: Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top