Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Dinas PUPR Papua: Pelebaran Jalan Soa Siu wewenang pemerintah provinsi

Ruas Jalan Soa Siu Dok II yang saat ini dalam tahap peningkatan dan pelebaran. – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pelebaran ruas Jalan Soa Siu Dok II, Kota Jayapura yang berada tepat di depan Kantor Gubernur Papua merupakan tanggung jawab Pemerintah Provinsi Papua. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Papua, Girius One Nyoman mengatakan Jalan Soa Siu Dok II merupakan jalan provinsi, sehingga harus dilebarkan.

Hal itu disampaikan Girius saat meninjau pengerjaan ruas jalan di Jayapura, Rabu (16/10/2019).  “Intinya kita harus berubah. Memang banyak masyarakat belum memahami perkembangan kota, sehingga ada yang pro dan kontra,” kata Girius.

Ia tegaskan, saat ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Papua sudah merencanakan pembongkaran dan peningkatan seluruh ruas jalan provinsi di dalam Kota Jayapura. Diantaranya adalah Jalan Soa Siu dan ruas jalan dari Entrop sampai dengan Pelabuhan Jayapura. “Ini dilakukan besar-besaran,” ujarnya.

Untuk itu, ia meminta masyarakat Kota Jayapura untuk mengatur jadwal perjalanan hariannya mereka, mengingat sejumlah arus lalu lintas dialihkan selama pembongkaran dan pelebaran ruas jalan provinsi itu. “Masyarakat harus menyiapkan jadwal, jam berapa harus keluar rumah, dan jam berapa harus pulang ke rumah,” katanya.

Loading...
;

Ia memperkirakan, pengerjaan pelebaran ruas Jalan Soa Siu Dok II akan memakan waktu dua bulan,  sesuai kontrak kerja kontraktor. Pasca pelebaran jalan itu, nantinya ruas Jalan Soa Siu Dok II akan memiliki lebar 12 meter. “Setelah itu, pekerjaan akan dilanjutkan dengan pengerjaan trotoar dan taman sebagai wujud penghijauan,” ujarnya.

Menurut Girius, peningkatan dan pelebaran ruas jalan provinsi itu juga bagian dari persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XX Papua 2020. “Jadi masyarakat tidak usah kuatir soal penghijauan. Nanti kami akan bikin kawasan ini sejuk, karena itu merupakan kewibawaan Kantor Gubernur,” sambungnya.

Secara terpisah, warga Dok V, Kota Jayapura, Karenina Marwa menilai pelebaran Jalan Soa Siu Dok II memang sudah harus dilakukan, karena di ruas jalan itu sudah sering macet.  “Mungkin ke depan harus ada penertiban di kawasan itu, baik dari soal parkir kendaraan, wisata sampai dengan larangan membuang sampah. Mengingat kawasan tersebut merupakan salah satu tempat liburan masyarakat untuk menikmati keindahan pantai,” kata Karenina. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top