Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Dinkes Biak Numfor gelar pengobatan di daerah terpencil

Pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan oleh Dinkes kabupaten Biak Nunfor di Pulau Numfor. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Terdapat lima Puskesmas di pulau Numfor, namun masih terhambat jangkauan dan keterbatasan sarana.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Biak, Jubi – Dinas Kesehatan kabupaten Biak Numfor melakukan pelayanan kesehatan ke daerah terpencil pesisir kepulauan untuk memudahkan masyarakat dalam mendapat pemeriksaan dan pengobatan. Salah satunya melakukan pelayanan ke Distrik Aimando dan kepulauan Padaidom, sebelum pelayanan ke pulau Numfor.

“Tujuannya, untuk memudahkan masyarakat di wilayah kepulauan mendapat pelayanan kesehatan,” ujar kepala seksi layanan kesehatan  Biak Numfor, Binton Rajaguguk, kepada Jubi, Kamis (24/1/2020).

Baca juga :  Warga Jakarta korban banjir perlu layanan kesehatan

Layanan kesehatan harus dekat dengan masyarakat

Puskesmas Sinak permudah pelayanan kesehatan di Sinak

Loading...
;

Menurut Binton, meski  terdapat lima Puskesmas di pulau Numfor, namun masih terhambat jangkauan dan keterbatasan sarana. Hal itu menjadi alasan Dinkes mengambil kebijakan membantu Puskemas di wilayah kepulauan menggelar layanan kesehatan ke kampung-kampung di pulau Numfor.

“Kami siapkan 20 tenaga medis dan empat tenaga dokter umum dalam pengobatan ke pulau Numfor selama dua hari,” kata Binton.

Tenaga medis di Dinkes  Biak Numfor, dokter Leonora Komboy,  meyebutkan hasil pemeriksaan dan layanan pengobatan di Numfor menunjukan rata-rata warga sakit Infeksi Saluran Pernapasan (Ispa) dan keluhan sakit tulang. “Rata-rata masyarakat sakit Ispa dan sakit tulang,” kata Komboy.

Sedangkan gejala gizi buruk hingga stunting tidak ditemukan, meski begitu ia menyarankan agar warga pulau Numfor khususnya remaja dapat memperhatikan gizi makanan dan mengatur pola makan.

“Kemungkinan gizi buru hingga stunting sangat kecil di pulau Numfor, tapi saya sarankan usia remaja hingga ibu rumah tangga untuk memperhatikan gizi makanan dan mengatur pola makan,” kata Komboy menjelaskan. (*).

Editor : Edi Faisol

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top