Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Dinkes surati pihak Bank Papua terkait syarat calon karyawan bebas HIV

Ilustrasi Pixabay.com/Jubi

Jayapura, Jubi- Dinas Kesehatan Provinsi Papua sudah menyurati  pimpinan Bank Papua, terkait penerimaan karyawan baru yang disyaratkan harus bebas HIV.

Sebelumnya, dalam syarat penerimaan karyawan Bank Papua tahap II pada nomor ke 9 mensyaratkan calon karyawan harus bebas HIV yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Rumah Sakit Dok 2 Jayapura.

dr. Rindang Pribadi Marahaba, Kasie HIV dan AIDS dan PIMS dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua, sudah menyurati pihak Bank Papua agar memberikan penjelasan terkait salah satu syarat tersebut.

“ Kita tunggu tanggapan dari Bank Papua pada hari Senin 20 Mei 2019 untuk menjelaskan,” ujar Rindang di Jayapura, belum lama ini.

Dia menjelaskan sebuah perusahaan memang patut punya aturan. Tetapi orang dengan HIV/AIDS (ODHA) juga manusia dan punya hak yang sama, sebagaimana diatur dalam UU Ketenagakerjaan di Indonesia. Karena itu pihaknya mengingatkan kepada pimpinan Bank Papua atas hal itu.

Loading...
;

dr. Sity dari Rumah Sakit Dok 2 menjelaskan setelah Bank Papua mengeluarkan persyaratan itu, banyak calon tenaga kerja yang mulai mengurus dan memeriksakan diri. Memastikan bebas dari HIV/AIDS.

Dalam pemeriksaan ada dua orang positif HIV. Satu orang memilih terus melanjutkan pengurusan. Sedang satu orang lainnya tidak melanjutkan.

Tidak menutup kemungkinan, dalam beberapa hari ke depan akan lebih banyak yang datang memeriksakan diri. “Karena penutupan pendaftaran pada tanggal 25 Mei 2019,” kata dokter dan juga konselor tersebut. (*)

Editor: Syam Terrajana

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top