HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Disdik Papua minta sekolah netral dalam penerimaan siswa baru

Disdik Papua minta sekolah netral dalam penerimaan siswa baru

Ilustrasi penerimaan siswa baru – Jubi/dok

Jayapura, Jubi – Dinas Pendidikan atau Disdik Papua mengimbau sekolah-sekolah yang ada di wilayah itu untuk bersikap netral dalam menerima siswa jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, maupun Sekolah Menengah Atas.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Elias Wonda menekankan, dalam penerimaan siswa baru, pihak sekolah tidak boleh pilih kasih, terlebih melakukan pungutan liar yang bisa membebankan orang tua siswa.

“Untuk hal ini kami sudah selalu ingatkan ke setiap sekolah-sekolah melalui dinas pendidikan yang ada di kabupaten dan kota,” kata Elias Wonda di Jayapura kemarin.

Dalam penerimaan siswa baru, dirinya juga meminta setiap sekolah, khususnya sekolah-sekolah unggulan yang ada di Kota Jayapura untuk benar-benar berpihak pada Orang Asli Papua (OAP).

“Jika tak ada jatah khusus untuk OAP, maka dipastikan anak Papua tidak akan diterima di sekolah-sekolah unggulan di Kota Jayapura. Untuk itu, kami harap ada keberpihakan khusus terhadap mereka,” ujarnya.

Secara terpisah, Ida Mustari, warga Kelapa II Entrop, Kota Jayapura, Papua mengaku pembagian zonasi dalam penerimaan siswa baru cukup membingungkan para orang tua. Salah satunya, terkait faktor jarak sekolah dan rumah yang jauh.

“Saya tinggal di Entrop Jayapura Selatan, tapi kalau menurut zona penerimaan, anak saya harus mendaftar di sekolah yang ada di wilayah Jayapura utara. Padahal di Jayapura Selatan ada terdapat sekolah unggulan yang diidamkan anak saya, tentu ini membingungkan orang tua,” kata Ida.

Untuk itu, dirinya berharap ada kebijakan khusus dari Dinas Pendidikan Kota Jayapura dan pihak sekolah, agar dalam penerimaan dapat melihat domisili dari setiap siswa yang mendaftar. Apalagi kata ia, pendaftaran secara online akan dimulai pada 20 Juni ini.

“Ya kami harap alamat tempat tinggal atau domisili bisa menjadi bahan pertimbangan pihak sekolah dalam penerimaan siswa baru,” ujarnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)