Disdukcapik Nabire mulai bagikan KTP elektronik

Disdukcapik Nabire mulai bagikan KTP elektronik

Ilustrasi e-KTP dan pencocokan data pemilu – IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nabire mulai membagikan Kartu Tanda Penduduk elektronik kepada para warga yang telah merekamkan data diri mereka untuk mendapatkan dokumen kependudukan itu. Para warga diharuskan mengambil sendiri Kartu Tanda Penduduk elektronik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Nabire.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Nabire, Anton Pekei menyatakan jumlah Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik yang siap dibagikan lebih dari 10.000 kartu. “KTP elektronik itu bisa didistribusikan setelah selesai dicetak,” kata Pekei saat ditemui Jubi di Nabire, Kamis (21/3/2019).

Pengambilan KTP elektronik itu menimbulkan antrean warga di Dispendukcapil Nabire. Pekei menyatakan, 10.000 KTP elektronik itu baru selesai secara bersamaan karena mesin pencetak KTP rusak maupun mesin perekam data warga rusak. Pekei berharap distribusi KTP elektronik yang telah jadi itu bisa rampung sebelum hari pemungutan suara Pemilihan Umum 2019 pada 17 April mendatang.

Setiap warga yang ingin mengambil KTP elektronik itu diwajibkan membawa bukti perekaman data. “Bagi warga yang belum merekam data dirinya, loket perekaman data selalu buka,” kata Pekei.

Bagi warga yang tinggal di distrik yang jauh dari Nabire, Dispendukcapil sedang mempertimbangkan kemungkinan mengirimkan KTP elektronik warga ke distrik mereka. “Untuk warga yang tinggal di daerah terpencil, kemungkinan KTP mereka akan kami antar ke kantor distrik,” kata Pekei.

Seorang warga yang mengantre untuk mengambil KTP elektronik itu, Sulastri mengatakan KTP elektronik atas namanya baru setahun setelah ia menjalani proses perekaman data. “Saya sudah merekam data sejak setahun lalu, dan baru sekarang KTP elektronik itu jadi,” kata Sulastri. (*)

Editor : Aryo Wisanggeni

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)