Dishub gandeng PT Angkasapura kelola parkir prabayar

Dishub gandeng PT Angkasapura kelola parkir prabayar

Kondisi terminal Pasar Pharaa Sentani, saat ini – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Untuk mencegah kebocoran dalam proses penagihan retribusi parkir di terminal Pasar Pharaa Sentani, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jayapura akan menggunakan manajemen parkir prabayar yang dikelola langsung oleh PT Angkasapura.

Hal ini dikatakan, Kepala Dishub Kabupaten Jayapura, Alfons Awoitauw, di Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani, Selasa ( 14/5/2019).

Menurutnya, dari hasil pungutan yang dilakukan petugas selama ini memang ada kebocoran yang terjadi tetapi tidak begitu berdampak kepada apa yang menjadi target dalam PAD.

“Memang ada sedikit kebocoran, tetapi tidak begitu berdampak, dan PT Angkasapura yang dilibatkan ini sudah menjadi kewajiban mereka sebagai anak perusahaan Kementerian Perhubungan untuk membantu semua Dinas Perhubungan di seluruh kota dan kabupaten di Indonesia,” ujarnya.

PAD dari retibusi, kata Alfons, merupakan potensi yang cukup besar dalam memenuhi target PAD secara keseluruhan oleh Dishub setiap tahun anggaran.

“Tahun lalu kita tembus angka Rp300 juta dari retribusi. Tahun ini kita tetap pada angka itu tetapi sistemnya yang akan kami ubah dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Kabupaten Jayapura, Hengky Yoku, mengatakan potensi PAD pada wilayah terminal sangat besar kalau dikelola secara profesional.

“Ada banyak sistem dan manajeman yang dapat difungsikan dalam mengelola PAD dari sektor retribusi, secara khusus di terminal. Baik lahan parkir, pos karcis, waktu parkir, dan juga sarana lain yang kalau saja dibangun untuk kepentingan pengelolaan pasar dan pendapatan asli daerah,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)