Dishub Papua target terminal tipe B rampung tahun ini

Dishub Papua target terminal tipe B rampung tahun ini

Ilustrasi terminal angkutan umum – Jubi/dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dinas Perhubungan (Dishub) Papua menargetkan pembangunan terminal tipe B yang berada tepat di batas wilayah antara Kota Jayapura dan Sentani, Kabupaten Jayapura, akan rampung tahun ini.

Kepala Dinas Perhubungan Papua Reky D. Ambrauw, mengatakan sesuai peraturan pemerintah, terminal yang masuk dalam kategori B, maka pembangunan dan pengelolaannya menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Papua.

“Proses penyelesaiannya pembangunan terminal tersebut sudah masuk tahap akhir. jadi, masih dalam proses lelang, kalau sudah ada pemenang lelang, harapan kami pembangunannya bisa selesai tepat waktu,” kata Reky Ambrauw di Jayapura, Selasa, (11/6/2019).

Menurut ia, keberadaan terminal batas kota jika sudah rampung akan menjadi penunjang pelaksanaan PON di Papua, sehingga perlu penanganan serius.

“Kami selesaikan tahun ini, kalau pengerjaannya sudah jalan, saya akan kontrol langsung ke lapangan,” ujarnya.

Mengenai desain, pihaknya tetap akan mengikuti gambar yang sudah ada, mengingat pembangunan terminal tipe B ini sudah tertunda cukup lama.

“Keberadaan terminal tipe B ini untuk menunjang transportasi angkutan darat dari Jayapura menuju Sentani, begitu sebaliknya. Apalagi saat ini Museum Expo Waena dijadikan terminal bayangan sehingga menyebabkan kemacetan,” katanya.

“Kami harap keberadaan terminal tipe B ini nantinya bisa mengakomodir angkutan darat yang selama ini parkir di depan Expo Waena,” sambungnya.

Secara terpisah, Lamberto, warga Sentani Kabupaten Jayapura berharap pembangunan terminal Tipe B benar-benar bisa diselesaikan. Pasalnya sejak 2014 pembangunannya hanya menjadi wacana semata. Padahal lokasinya sangat strategis.

“Setahu saya rencana pembangunan terminal ini sejak beberapa tahun yang lalu, dari beberapa kali pergantian kepala dinas perhubungan tidak selesai juga. Untuk itu, kami harap pembangunannya bisa benar-benar diselesaikan tahun ini,” kata Lamberto. (*)

Editor: Syam Terrajana

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)