Disnaker ajak warga Kota Jayapura berwirausaha

Disnaker ajak warga Kota Jayapura berwirausaha

Kepala Dinas Tenaga Kota Jayapura, Djoni Naa saat diwawancara – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa mengajak warga agar berwirausaha. Jumlah perusahaan yang terdata di Kota Jayapura sebanyak 526 perusahaan dinilai tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja.

Naa menyatakan jumlah pencari kerja di Kota Jayapura pada 2017 mencapai 20 ribu orang. Pada tahun 2018, jumlah pencari kerja itu berkurang menjadi 17 ribu orang.

“Tentunya tidak semua pencari kerja mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Untuk itu, saya menghimbau kepada para pencari jerja yang belum diterima bekerja agar tidak berputus asa. Apalagi, bekerja tidak harus di sektor formal. Tatapi juga bisa di sektor non formal. Banyak potensi yang bisa dikelola sehingga bisa menjadi wirausaha,” kata Naa di Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa (19/3/19).

Menurut Naa, warga di Kota Jayapura bisa menciptakan sendiri pekerjaan itu. Naa mengakui banyak yang tidak mau berwirausaha, karena takut mengambil resiko. Padahal, pertumbuhan jumlah wirausaha menandakan kemajuan dan perkembangan sebuah kota.

“Ya, memang itu berat tetapi bukan berarti tidak bisa. Untuk mendorong warga mampu menciptakan lapangan kerja sendiri, kami gencar melakukan pelatihan dan pendampingan komputer, mengemudi, pariwisata, ataupun pelatihan perhotelan. Melalui program ini, warga dilatih untuk berwirausaha,” jelasnya.

Menurut Naa, kendala yang dihadapi masyarakat adalah pengetahuan dan minimnya modal. “Dengan mengoptimalkan pembinaan kewirausahaan, masyarakat bisa menopang perekonomiannya sendiri, sekaligus membuka lapangan kerja bagi orang lain,” ungkapnya.

Menurut salah satu warga Weli Wambauw, jika berbicara kompetensi maka berwirausaha atau mandiri itu sebetulnya lebih baik. Hanya saja membutuhkan modal dan pengetahuan.

“Saya belum berani berwirausaha karena minim pengetahuan dan modal. Saya akui sudah mendapatkan perhatian dari pemerintah untuk peningkatan ekonomi warga seperti program padat karya dan pelatihan komputer karena saya pernah ikut.  (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)