HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Disorda Papua: Pembangunan venue PON XX rampung tahun ini

Disorda Papua: Pembangunan venue PON XX rampung tahun ini

Pembangunan venue hockey dan cricket di Kabupaten Jayapura – Jubi/Arjuna.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua, Daud Ngabalin mengatakan pembangunan venue PON XX pada 2020 di lima klaster yakni Jayapura, Biak, Mimika, Merauke dan Wamena akan rampung tahun ini.

“Pekerjaan APBD provinsi kan semua mesti selesai tahun ini. Kalau APBN hingga Juli 2020,” kata Daud Ngabalin, Rabu (10/7/2019).

Menurutnya, proses tender pembangunan dan renovasi sejumlah venue sedang berlangsung. Untuk klaster Jayapura, sedikitnya ada enam hingga tujuh venue kini dalam tahap perampungan lelang.

Proses lelangnya kata Ngabalin, memasuki tahap evaluasi untuk penetapan pemenang tender. Diperkirakan akhir Juli 2019, kontrak pekerjaan pembangunan dan renovasi sejumlah venue itu sudah dapat dilakukan.

“Semuanya on target. Targetnya akhir bulan ini semua venue sudah bisa kontrak. Apalagi kalau lelangnya dipercepat. Inikan ada progresnya, mulai iventarisir jumlah peserta tender, peralatan dan lainnya. Progresnya cukup signifikan. Yang sudah lelang salah satunya GOR Cenderawasih,” ujarnya.

Ketika DPR Papua melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah lokasi pembangunan venue di klaster Jayapura, dewan menemukan pembangunan dan renovasi sejumah venue belum dikerjakan. Namun kata Ngabalin, hal tersebut lumrah karena saat DPR Papua sidak, proses lelang pekerjaan venue itu masih tahapan administrasi.

“Masih masuk penyampaian dokumen karena lelang itu ada beberapa tahapan. Setelah diketahui siapa pemenangnya, kontraktrok menyampaikan uang muka pekerjaan, progres penyerapan sudah bisa ketahuan,” ucapnya.

Selama ini lanjut Ngabalin, berbagai pihak menganggap semua pekerjaan pembangunan venue PON XX ditangani Disorda Papua. Padahal beberapa pekerjaan renovasi venue merupakan kewenangan dinas lain.

Ia mencontohkan, renovasi Stadion Mandala di Kota Jayapura, renovasi Stadion Katalpal di Kabupaten Merauke, dan Stadion Pendidikan di Kabupaten Jayawijaya merupakan kewenangan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Papua.

Sementara, Sekretaris Komisi IV DPR Papua, komisi yang membidangi infrastruktur, Sinut Busup berharap pembangunan dan renovasi venue dapat rampung tahun ini.

“Misalnya Stadion Pendidikan di Jayawijaya, Stadion Katalpal di Merauke dan venue paralayang di Tolikara. Termasuk asrama-asrama yang akan dijadikan mes atlet,” kata Sinut Busup. (*)

Editor: Edho Sinaga

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)