Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Dispar Kota Jayapura diminta kaji penataan tempat wisata di kawasan Teluk Youtefa

Lokasi para mama berjualan di Cybery, Kota Jayapura. – Jubi/Hengky Yeimo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Jayapura, Yoan Alfredo Wambitman meminta Dinas Pariwisata Kota Jayapura mengkaji penataan tempat wisata di Pantai Hamadi, Cybery, Holtekamp. Pengawasan di kawasan Teluk Youtefa itu diperlukan untuk mencegah bangunan liar berdiri di sepanjang teluk itu.

Yoan Alfredo Wambitman menyatakan kajian itu harus dilakukan sebelum Pemerintah Kota Jayapura terlanjut mengeluarkan Izin Mendirikan Bangunan di kawasan Teluk Youtefa. “Harus dilakukan kajian terlebih dahulu. Kajian kelayakan tempat bangunan, lokasi wisata, dan tempat keramat di kampung Engros, Tobati, Hamadi. Semua aspek harus  diproteksi atau dilindungi,” kata Wambitman di Jayapura, Selasa (12/11/2019).

Wambitman mengatakan jika Pemerintah Kota Jayapura telah merampungkan kajian itu, masyarakat bisa melakukan kegiatan yang  sesuai dengan hasil kajian. Pemerintah Kota Jayapura juga diminta menentukan lokasi berjualan di sana, agar pengembangan tempat wisata itu terarah.

“[Itu harus dilakukan] agar tidak terjadi penyalahgunaan tempat wisat. [Hal itu juga perlu untuk memastikan] para wisatawan di jembatan Youtefa, Holtekamp, ataupun Cyberi [bisa] menikmati keindahan alam. Bukan melihat membludaknya pedagang,” katanya.

Loading...
;

Wambitman mengatakan Pemerintah Kota Jayapura juga perlu melibatkan pemuda-pemudi di kampung untuk menjadi petugas keamanan di sepanjang jembatan dan kawasan Teluk Youtefa.  “Selain berdayakan polisi pamong praja, penting memberdayakan komponen adat. Pemerintah dan adat bisa bersatu menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Jayapura, khususnya di tempat tempat wisata,” katanya.

Nonce Hanasbey warga yang berjualan di Cyberi mengatakan, pemerintah Kota Jayapura diharapkan membantu menyediakan sarana parasana penunjang di sepanjang Cybery. “Kami harap pemerintah bisa menyediakan tempat sampah, kamar mandi, agar para pengunjung yang datang ini bisa membuang sampah pada tempatnya,” katanya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top