Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Disperindag hanya tangani sampah pasar

Sampah yang berada di pintu keluar masuk pasar Pharaa – Jubi/Yance Wenda

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Jayapura, Yos Levie Yoku, menegaskan pihaknya hanya bertanggung jawab menangani sampah di dalam lingkungan pasar Pharaa Sentani. Di luar lingkungan pasar, menjadi tanggung jawab dinas lain.

“Kami dari Disperindag tidak mengurus sampah dari luar karena itu kewenangan dari dinas. Titiknya ditaruh di mana, itu kewenangan mereka,” kata Yoku, saat ditemui Jubi di pasar Pharaa Sentani, Jumat (22/2019).

Yoku menambahkan sampah yang ada di luar yang dibatasi oleh talut, baik yang di terminal maupun di jalan, itu menjadi tanggung jawab Dinas Perhubungan.

Untuk mengatur para pedagang supaya membuang sampah pada tempatnya, tambah Yoku, pihaknya akan memasang papan berisi imbauan.

Loading...
;

“Nanti kami pasang imbauan agar mereka penjual dan pedagang tahu tempat buang sampah itu di mana, khusus untuk sampah pasar Pharaa saja,” katanya.

Supir truk sampah pasar Pharaa, Bachtiar, mengatakan sampah di pasar tidak sebanyak seperti yang ada sekarang, karena yang ada saat ini sebagian sampah dari luar pasar.

“Sampah yang dari luar itu yang banyak, yang mereka bawa pake motor dan mobil, baru buang ke pasar,” ucapnya.

Bachtiar mengatakan soal sampah ini tidak hanya menjadi tanggung jawab petugas kebersihan pasar namun dinas-dinas terkait juga perlu terlibat.

“Kalau sampah di luar pagar itu bukan urusan kami karena itu di luar jadi itu urusannya DLH, soalnya itu sampah luar semua,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top