Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Distrik Wandai belum laksanakan Pemilu, seorang Caleg ditusuk

Komisioner Bawaslu Provinsi Papua, Ronald Michael Manoach didampingi anggota polisi, saat mengecek keadaan salah satu caleg yang menjadi korban kekerasan – Jubi/Istimewa

Jayapura, Jubi – Distrik Wandai, Kabupaten Intan Jaya, Papua sampai saat ini belum melaksanakan pencoblosan karena logistik pemilu dirusak. Selain itu, dilaporkan seorang caleg berinisial AB menjadi korban penusukan sesama caleg berinisial TB pada Pukul 10.00 WIT.

Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawasu) Provinsi Papua, Ronald Michael Manoach mengatakan untuk pencoblosan di Distrik Wandai masing menunggu pihak KPU Papua datang dan membicarakan teknis pelaksanaannya.

“Kita masih menunggu, sebab informasinya form C1 masih bisa dipakai, tapi kami belum lihat logistik tersebut dan intinya Wandai belum melaksanakan Pemilu,”

“Sementara soal penusukan dan pemukulan, itu terjadi di Distrik Bidogai saat rekapitulas suara tingkat distrik, yang mana antar caleg berebut suara dan berujung pada tindak kekerasan,” kata Manoach saat dihubungi wartawan dari Jayapura, Selasa (23/4/2019).

Menurut ia, saat ini korban kekerasan masih dirawat di Puskesmas Sugapa, karena mengalami luka di bagian siku, kepala bagian belakang dan bagian perut.

Loading...
;

“Isunya korban meninggal, tapi setelah kami cek ternyata pingsan. Saya langsung minta Bawaslu Intan Jaya untuk segera lakukan tindakan pencegahan karena keluarga korban sudah mengumpulkan massa untuk balas dendam,” ujarnya.

Melihat situasi tersebut, kata ia, pihaknya langsung membagi tugas untuk menjelaskan kepada keluarga korban, masalah sudah dilaporkan ke Gakumdu. Sedangkan terkait tindak pidana Pemilu akan segera di proses, dan sudah ditangani aparat keamanan setempat.

“Kami imbau masyarakat diminta tenang, jangan terbawa situasi karena masalah ini akan ditangani secara profesional,” katanya.

Sebelumnya, Ketua KPU Papua Theodorus Kossay mengatakan soal pengrusakan logistik oleh salah satu caleg di Distrik Wandai, itu tidak benar.

“Logistik yang ada masih dipakai karena masih ada pada kami,” kata Kossay. (*)

Editor: Syam Terrajana

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top