HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

DPLH Papua dorong pembentukan bank sampah unit

Mesin pencacah plastik di bank sampah Kenambai Umbai saat beroperasi – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) Provinsi Papua mendorong pembuatan bank sampah unit di daerah pemukiman warga.

Hal ini terungkap setelah kunjungan DPLH ke Bank Sampah Induk Kenambai Umbai di Kampung Komba Distrik Sentani Kabupaten Jayapura.

Kepala DPLH Papua, Marta Mandosir, mengapresiasi adanya tempat pengelolaan sampah di Bank Sampah Kenambai Umbai. Marta mengakui usaha pengelolaan sampah sampai hari ini belum begitu diminati oleh masyarakat.

Menurutnya, untuk membersihkan kota dari tumpukan sampah, harus ada kepedulian dari semua warga masyarakat. Oleh sebab itu, tidak hanya bank sampah induk, tetapi harus ada sejumlah unit yang berfungsi menampung dan mengelola sampah di pemukiman warga.

Loading...
;

“Bank sampah yang ada saat ini dikelola oleh suami istri yang benar-benar punya kepedulian terhadap pengelolaan sampah. Hal ini harus mendapat perhatian serius dari pemerintah setempat,” jelas Marta, saat ditemui di Sentani, Kamis (11/7/2019).

Sejalan dengan Program Go Adipura yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura, Kepala DPLH Papua mengatakan prasyarat mendapat penghargaan tersebut adalah adanya sejumlah bank sampah yang aktif mengelola sampah di suatu daerah.

“Dilihat dari sarana dan prasarana yang ada saat ini, bank sampah ini membutuhkan dukungan penuh untuk menata dan mengelola sampah dengan baik. Termasuk pembentuk unit-unit bank sampah sebagai penopang bank sampah induk,” katanya.

Sementara itu, pengelolah Bank Sampah Kenambai Umbai, Saiful, mengatakan dari sisi fasilitas pendukung yang dimiliki saat ini memang masih sangat minim dibandingkan dengan penerimaan jumlah sampah setiap harinya.

“Hanggar tempat penampungan sampah masih sangat kecil, sehingga kita juga butuh dukungan untuk perluasanya. Sudah beberapa kami usulkan hal ini kepada pemerintah daerah tetapi belum ada jawaban hingga saat ini, sementara untuk produksi, kita sudah datangkan mesin pembuat tutup galon yang baru,” ungkapnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top