Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

DPR Papua agendakan rapat penetapan jadwal pelantikan pimpinan definitif

Ilustrasi suasana rapat anggota DPR Papua belum lama ini yang dipimpin ketua sementara – Jubi/Arjuna.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – DPR Papua menggelar rapat untuk membahas jadwal pelantikan pimpinan definitif DPR Papua.

Pimpinan sementara DPR Papua, Jhony Banua Rouw mengatakan mengacu pada Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota, pelantikan tak harus menunggu pengesahan tata tertib dewan oleh Kemendagri.

“Mari kita lihat ini dari sudut pandang yang tepat, tanpa kepentingan lain. Meski ada teman-teman di internal dewan yang berpandapat lain, kami berharap pelantikan dapat dilaksanakan dalam waktu dekat agar tak menghambat agenda kerja dewan,” kata Jhony Banua Rouw, Kamis (12/12/2019).

Menurutnya, Bagian Hukum Kementerian Dalam Negeri tak mempermasalahkan jika DPRD Papua melaksanakan pelantikan sebelum tatib disahkan. Provinsi Jawa Barat juga melakukan hal yang sama.

“Kemarin tatib sudah dibahas bersama tim Kemendagri yang dipimpin Dirjen Otda. Kemendagri akan membuat dalam bentuk tertulis mana pasal-pasal dalam tatib itu yang sudah sesuai aturan mana yang mesti diubah,” ujarnya.

Loading...
;

Katanya, Gubernur Papua Lukas Enembe juga ingin DPR Papua segera memiliki pimpinan definitif. Bahkan gubernur ingin pelantikan pimpinan definitif dilakukan paling lambat pekan depan, sebelum masa libur Natal. Akan tetapi gubernur baru mengeluarkan surat rekomendasi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dua hari lalu.

“Kini dokumennya masih di Kemendagri. Kami masih menunggu Mendagri menerbitkan surat keputusan (SK). Gubernur konsisten dan mamahami aturan. Bahkan memerintahkan staf Pemprov Papua mengkawal proses di Kemendagri,” ucapnya.

Sehari sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe menyatakan SK pelantikan pimpinan DPR Papua tengah diproses. Ia berharap, pelantikan dapat dilakukan secepatnya.

“Saya hadir atau tidak, tidak apa. Silahkan tetap dilantik. Dia (calon pimpinan definitif DPR Papua) adalah anak Papua juga. Kenapa mesti dipersoalkan,” kata Lukas Enembe. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top