DPRD Merauke bahas penambahan 10 kursi untuk orang Marind

DPRD Merauke bahas penambahan 10 kursi untuk orang Marind

Pembahasan DPRD Merauke berkaitan dengan penambahan 10 kursi bagi orang Marind – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke membahas usulan Bupati Merauke, Frederikus Gebze, untuk penambahan 10 kursi di lembaga legislatif  bagi orang asli Marind melalui jalur penunjukan.

Wakil Ketua DPRD Merauke, Beny Latumahina, dalam pertemuan, Selasa (14/5/2019), mengatakan pada prinsipnya dewan memberikan dukungan terhadap apa yang telah disampaikan bupati. Untuk itu, perlu didiskusikan sekaligus dicarikan jalan keluar.

“Ini sesuatu yang sangat positif dan tentunya kita mendukung adanya penambahan 10 kursi lagi dari jumlah sebelumnya 30 orang, melalui jalur penunjukan,” ungkap Beny.

Ketua Komisi A DPRD Merauke, Moses Kaibu, mengatakan setelah pileg tanggal 17 April 2019 lalu, hanya dua atau tiga anak  Marind  lolos ke lembaga DPRD. Selebihnya didominasi non Papua.

“Dengan kondisi demikian, saya berharap kita semua yang ada di ruangan ini agar berjuang secara bersama-sama untuk adanya penambahan 10 kursi melalui jalur penunjukan,” pintanya.

Anggota DPRD Merauke lain, Heribertus Silubun, menambahkan dalam pertemuan bersama Bupati Merauke beberapa waktu lalu, ada ide atau gagasan agar ada penambahan kuota wakil rakyat melalui jalur penunjukan. “

Tentunya ini sama jalurnya juga dengan 14 kursi DPRP,” katanya.

“Ini butuh kesungguhan hati dari kita. Kalau untuk bentuk sekarang, kurang tepat karena pada bulan Oktober mendatang, telah ada perubahan komposisi pergantian DPRD Merauke baru. Jadi, desainnya dapat dilakukan setelah pelantikan dilangsungkan,” pintanya.

Konsep penunjukan, katanya, hanya berlaku di Papua karena menyangkut Otsus.

“Memang bisa dibentuk panitia khusus (pansus) sekaligus pembagian tugas. Misalnya Pansus A akan ke MRP, Pansus B ke DPRP, dan Pansus C berkonsultasi dengan Biro Hukum Setda Provinsi Papua,” pintanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)