Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

DPRD Merauke bentuk Pansus Papua Selatan

Rapat membahas rencana pembentukkan Provinsi Papua Selatan di DPRD Merauke, Senin (4/11/2019) – dok. Jubi.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – DPRD Merauke membentuk Panitia Khusus (Pansus) Persiapan Pembentukan Provinsi Papua Selatan. Pembentukkan pansus merespon sikap politik pemerintah pusat yang mengisyaratkan persetujuan terhadap rencana pemekaran kembali wilayah Papua.

Ketua Sementara DPRD Merauke Benjamin Latumahina mengapresiasi sikap politik pemerintah pusat tersebut. Begitu juga kepada tokoh dan masyarakat setempat, mereka telah memperjuangkan rencana pembentukkan Provinsi Papua Selatan sejak 17 tahun lalu.

Pembentukkan pansus juga didukung penuh pemerintah kabupaten beserta para pemangku kepentingan di Merauke. Dukungan itu mengemuka pada pertemuan di DPRD Merauke, awal pekan ini.

“Memang muncul kontra (penolakkan terhadap rencana pembentukkan Papua Selatan) dalam pertemuan tersebut. Itu perlu diberi pemahaman dengan baik karena pembentukan Provinsi Papua Selatan ada nilai plusnya (manfaatnya),” kata Benjamin, Kamis (7/11/2019).

Loading...
;

Beberapa manfaat dari pembentukkan provinsi baru itu, menurut Benjamin ialah akan terjadi peningkatan kesejahteraan dan daya saing masyarakat. Dana Otonomi Khusus Papua juga bisa dikelola sepenuhnya oleh provinsi baru. Selain itu, aspirasi masyarakat, terutama Orang Asli Papua (OAP) bisa lebih diakomodasikan karena dipastikan gubernur maupun wakil gubernur dijabat OAP.

“Mereka (kepala daerah) memunyai otoritas dalam mengatur kehidupan OAP, mulai (kebutuhan) pangan, sandang dan papan hingga pendidikan serta kesehatan. Kami harapkan tim (persiapan pembentukkan Papua Selatan) tidak hanya dari Merauke, tetapi juga perwakilan dari Boven Digoel, Mappi dan Asmat,” kata Benjamin.

Tokoh Papua Selatan Johanes Gluba Gebze menegaskan pemekaran Papua bukan berkat pertemuan 61 tokoh dengan presiden di Jakarta, beberapa waktu lalu. “(Pembentukkan Papua Selatan) sudah diperjuangkan sejak tahun 2002, dan telah (sekarang mulai) ada titik terangnya.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top