Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

DPRP tolak eksekusi bangunan rumah dan tanah milik Sidik Weriuw

Pertemuan Kapolres Merauke, AKBP Bahara Marpaung, bersama penggugat dan tergugat serta beberapa komponen lain tadi pagi – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Rencana Pengadilan Negeri (PN) Merauke melakukan eksekusi tanah bersama bangunan rumah milik Sidik Weriuw yang beralamat di Jalan Radio, Kelurahan Karang Indah ditolak anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), Hendrikus Eben Gebze.

“Tadi pagi Pak Kapolres Merauke, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Bahara Marpaung, memfasilitasi pertemuan yang dihadiri penggugat, Nintang, bersama kuasa hukumnya, Efrem Fangohoy dan tergugat Sidik Weriuw, LMA Kabupaten Merauke, serta tokoh masyarakat, Jhon Gluba Gebze,” ujar Eben kepada wartawan, Senin (19/8/2019).

Dalam mediasi itu, demikian Eben, agar ada solusi terbaik diambil bersama. Dimana rencana untuk eksekusi bangunan rumah serta tanah yang direncanakan besok dibatalkan.

“Tergugat juga telah menawarkan kepada penggugat untuk pembayaran ganti rugi tanah dimaksud. Juga menyiapkan lokasi baru untuk diberikan kepada Nintang,” ungkapnya.

Loading...
;

Namun sayangnya, Nintang tak merespons tawaran yang disampaikan tergugat Sidik.

“Bagi saya, yang ditunjukkan Nintang secara tak langsung tidak menghormati orang asli Papua. Karena Sidik adalah anak Papua yang rumah dan tanahnya digusur,” tegasnya.

Ditambahkan, ia telah diminta Kapolres Merauke bersurat ke Gubernur Papua, Lukas Enembe, maupun MRP serta pimpinan DPRP, agar pelaksanaan eksekusi oleh PN setempat dibatalkan.

“Kita ingin menjaga agar daerah ini tetap kondusif. Olehnya, bagaimanapun juga, eksekusi bangunan dan tanah, harus dibatalkan PN Merauke,” pintanya.

Kapolres Merauke, AKBP Bahara Marpaung, mengatakan pihaknya telah berusaha semaksimal mungkin dengan mencari solusi bersama agar tak ada yang dirugikan.

“Memang  tergugat dalam hal ini Sidik telah menyatakan siap mengganti uang serta lahan untuk diberikan kepada penggugat. Hanya saja, yang bersangkutan menolak,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top