Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Dua pejabat tinggi PBB kunjungi Fiji

Kate Gilmore, Wakil Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB. – Fiji Broadcasting Corporation/UN News

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Suva, Jubi – Situasi tentang penegakan Hak Asasi Manusia (HAM) di Fiji kembali menarik perhatian pekan ini, dengan adanya kunjungan Wakil Komisaris Tinggi PBB untuk HAM ke negara itu. Wakil Komisaris Tinggi Dewan Hak Asasi Manusia PBB, Kate Gilmore, dijadwalkan melakukan kunjungan resmi ke Fiji Selasa, (2/4/2019).

Gilmore dilaporkan akan membahas situasi HAM di negara itu dengan para pegiat HAM, perwakilan kelompok masyarakat sipil, Badan-Badan PBB, dan komunitas internasional di negara itu. Di Suva, ia bertemu dengan Presiden negara itu, Jaksa Agung, Menteri Luar Negeri, Juru Bicara Parlemen, dan Komisi HAM dan Anti-Diskriminasi Fiji.

Selama kunjungannya, Gilmore akan mengadakan pertemuan langsung dengan kantor regional Komisaris Tinggi HAM untuk Pasifik dan anggota-anggota tim PBB di negara itu. Gilmore juga akan mengadakan pertemuan dengan para pegiat HAM, aktivis lingkungan hidup, anggota masyarakat dari kelompok minoritas, dan perwakilan masyarakat sipil lainnya.

Kantor Regional OHCHR (Office of the High Commissioner for Human Rights) untuk Pasifik didirikan di Suva pada 2005, dan diberikan mandat untuk mencakup 16 negara.

Loading...
;

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBB juga diperkirakan akan mengunjungi Fiji bulan depan.

Pekan lalu, Perdana Menteri Fiji, Frank Bainimarama, bertemu dengan Sekretaris Jenderal PBB di New York. Dalam pertemuan itu, PM Bainimarama meyakinkan SekJen Antonio Guterres bahwa kawasan Pasifik telah memimpin dunia dalam hal menanggapi isu perubahan iklim. Selanjutnya, ia menekankan pentingnya diskusi dan tindakan yang lebih serius, untuk mitigasi perubahan iklim dalam persiapan rapat KTT Perubahan Iklim pada September dan juga COP25.

Dalam kesempatan itu PM Bainimarama juga kembali mengundang Antonio Guterres untuk mengunjungi Fiji dan wilayah Pasifik. Guterres menyatakan senang dapat mengunjungi Fiji.

Kunjungan ini, menurut Guterres, akan memberikan kesempatan bagi dia untuk secara pribadi melihat berbagai pendekatan dan program yang sudah dilaksanakan oleh Fiji. (Fiji Broadcasting Corporation)

 

Editor : Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top