Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Empat kabupaten di Papua Selatan didesak pulangkan mahasiswa Papua di sejumlah kota studi

Mahasiswa Papua dari sejumlah perguruan tinggi yang melakukan aksi demonstrasi, tadi siang – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Sekitar 100 mahasiswa melakukan aksi demonstrasi, mendesak Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) Merauke, Boven Digoel, Mappi, serta Asmat untuk memulangkan mahasiswa Papua di sejumlah kota studi karena mereka sudah tidak nyaman melanjutkan studi.

Pantauan Jubi, Senin (30/9/2019), para demonstran bergerak dari Mangga Dua, menyusuri ruas jalan hingga sampai di Lingkaran Brawijaya (Libra). Mereka dikawal Muspida serta sejumlah aparat keamanan.

Setelah dilakukan negosiasi sesaat di Libra, akhirnya mahasiswa meminta bergerak menuju Kantor Bupati Merauke. Dengan berjalan kaki, mereka menuju ke kantor bupati. Sepanjang jalan berbagai orasi dilakukan.

Setelah tiba di depan kantor bupati, para demonstran sempat dihadang. Lalu pintu pagar masuk juga ditutup. Sekitar setengah jam bernegosiasi, akhirnya pintu dibuka dan mereka diizinkan masuk.

Loading...
;

“Kami akan lakukan orasi di halaman kantor bupati dan tak boleh ada pejabat masuk kembali di ruangan. Semua harus ada di sini mendengar apa yang menjadi tuntutan mahasiswa,” ujar Agusta Maria, koordinator lapangan aksi demonstrasi.

Menurutnya, aksi yang dilakukan tidak lain mendesak kepada empat kabupaten di Papua Selatan segera memulangkan semua mahasiswa Papua di sejumlah kota studi, lantaran merasa tidak tenang.

“Bagaimana mahasiswa Papua mau tenang di sejumlah kota studi, kalau setiap hari dari pagi, siang, hingga sore hari, mereka harus dikontrol terus oleh aparat keamanan, baik TNI maupun Polri,” tegas dia.

Hal serupa disampaikan Ketua Himpunan Mahasiswa Malind, Soter Were.

“Kami ingin segera dibentuk tim khusus oleh pemerintah untuk berangkat ke sejumlah kota studi, sekaligus menjemput mahasiswa Papua di sana,” pintanya.

Lalu, lanjut dia, tim bentukan pemerintah harus melibatkan utusan mahasiswa yang melakukan aksi demonstrasi hari ini. Sehingga mereka juga terlibat dan ikut ke sejumlah kota studi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Merauke, Daniel Pauta, menjelaskan saat ini Bupati Merauke, Frederikus Gebze, sedang berada di Makassar menemui sejumlah mahasiswa di asrama. Besok, Bupati Gebze sudah kembali ke Merauke.

“Memang telah menjadi komitmen Pemkab Merauke memulangkan mahasiswa Papua di sejumlah kota studi. Timnya juga sedang disusun dan kami memastikan akan bergerak secepatnya,” ungkap Sekda Pauta.

Dia juga meminta agar mahasiswa dapat menunjuk perwakilan untuk bergabung bersama tim pemerintah nanti. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top