Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Empat pemuda terima penghargaan dari SAR Merauke

Empat pemuda sedang foto bersama Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke, Raymod Konstantin – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Merauke memberikan penghargaan kepada empat pemuda yang telah melakukan aksi kemanusiaan  dengan memberikan pertolongan kepada seorang perempuan  yang tercebur ke Kali Maro, jembatan Tujuh Wali-Wali, beberapa waktu lalu.

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke, Raymod Konstantin, kepada empat pemuda itu yakni Richard Palpiali, Zakarias Maguzai, Ahmad Irianto, dan Kevin Leonardo Matwan. Penyerahan berlangsung di Hotel Corein, Kamis (5/12/2019).

Dalam sambutannya, Raymond mengatakan pemberian penghargaan atas keberanian serta dedikasi mereka dalam melakukan aksi kemanusiaan setelah menyelamatkan seorang perempuan yang tercebur ke Sungai Maro.

“Bagi saya, mereka telah melakukan pertolongan pertama sebelum petugas SAR tiba di tempat kejadian. Sekali lagi saya mengapresiasi atas keberanian keempat pemuda itu. Semakin banyak orang membantu ketika seseorang mengalami musibah, akan sangat membantu petugas,” ujarnya.

Aksi dimaksud, menurutnya, jarang dilakukan sesama. Keempatnya mengambil langkah demikian didasari jiwa menolong dan itu adalah suatu keberanian.

Loading...
;

“Bagi saya mereka sangat luar biasa,” katanya.

Dalam  kesempatan itu, Raymond menawarkan jika keeempatnya berniat bergabung bersama Merauke Rescue Squad, organisasi dibawah binaan SAR, akan siap diterima dan dilibatkan dalam kegiatan siaga maupun operasi.

Salah seorang penerima penghargaan, Kevin, mengaku saat itu mereka sedang lari sore dan melewati Jembatan Tujuh Wali-Wali. Setibanya di sana, warga  berkerumun sambil melihat ke bawah. Ternyata ada seorang perempuan terjatuh.

“Saya lihat belum ada yang menolong. Lalu dengan spontan saya turun. Tak lama kemudian ikut tiga rekan lain. Ketika itu, perempuan sedang memeluk besi jembatan, namun karena lemas akhirnya pingsan dan langsung ditolong,” ujarnya.

Di saat sedang berusaha menolong membawa ke darat, datanglah petugas SAR.

“Memang kami lakukan ini karena sering juga mandi di sungai Maro,” ujarnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top