Empat Polres mulai terapkan e-tilang

Empat Polres mulai terapkan e-tilang

MoU polres Jayawijaya, Tolikara, Yahukimo dan Lanny Jaya bersama Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri dan BRI untuk penerapan e-tilang-Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Empat Polres di wilayah Pegunungan Tengah Papua yaitu Polres Jayawijaya, Lanny Jaya, Yahukimo dan Tolikara mulai menerapkan e-tilang atau tilang elektronik, setelah dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama Kejaksaan Negeri Jayawijaya, Pengadilan Negeri Wamena dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Wamena.

Kapolres Jayawijaya, AKBP Tonny Ananda Swadaya mengatakan, kerjasama yang dilakukan ini guna mempermudah masyarakat saat melanggar aturan berlalu lintas.

“Nantinya pelanggar tinggal membayar lewat bank yang telah ditunjuk, dimana kali ini lebih simpel,” katanya kepada wartawan usai MoU di aula Polres, Kamis (21/3/2019).

Kapolres Tolikara, AKBP Leonard Akobiarek mengatakan,e-tilang ini akan berlaku bagi masyarakat atau setiap kendaraan di Tolikara.

“Hal ini juga berlaku jika kendaraan dari Tolikara yang turun ke Wamena, diharapkan administrasinya harus lengkap,” katanya.

Kasat Lantas Polres Jayawijaya, Iptu Jusman Mori menjelaskan, teknisnya ketika ditemukan pelanggaran berlalu lintas, maka petugas di lapangan melakukan penilangan manual, namun hasil tilang tersebut akan dimasukan dalam aplikasi e-tilang.

“Setelah di input, setiap pelanggar akan mendapat pemberitahuan dalam bentuk pesan singkat bahwa jumlah yang harus dibayar sekian dan langsung membayarkan ke bank baik secara langsung maupun melalui SMS banking atau ke ATM,” katanya.

Hal ini kata dia, untuk mempermudah pelanggar dan juga menghindari adanya pungutan liar (pungli) oleh anggota lantas di lapangan. (*)

Editor: Syam Terrajana

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)