Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Empat siswa SMA di Jayapura belajar ke Jepang

Ketua MKKS dan empat siswa yang akan berangkat ke Jepang, foto bersama di ruang tunggu Bandara Sentani – Jubi/IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Empat siswa SMA di Kabupaten Jayapura, hari ini berangkat ke Jepang untuk mengikuti kerjasama pendidikan selam 10 hari di negeri Matahari Terbit tersebut.

Tiga siswa dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Advent Doyo Baru Distrik Waibhu dan satu siswa dari SMAN 1 Sentani.

Ketiga siswa dari SMA Advent adalah Mercy Mehue, siswa kelas X program Sistem Kredit Semester (SKS) atau kelas percepatan, Ariel Suebu dan Andrew Dike, siswa kelas XI. Sementara siswa dari SMAN 1 Sentani adalah Hanny Vanessa Pangkali, yang saat ini duduk di kelas XI.

Minggu (3/2/2019) pagi, mereka didampingi Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Jayapura, Fransiska Hokoyoku, bertolak ke Jepang melalui Bandara Sentani.

Loading...
;

Kepala Sekolah SMA Advent Doyo Baru, Harold Ojaitouw, melalui pesan singkatnya kepada jubi.co.id, mengatakan tiga siswanya ini akan berangkat ke Jakarat terlebih dahulu dan bergabung bersama siswa lain dari seluruh Indonesia, baru bertolak ke Jepang.

“Ada 1.360 sisiwa dari seluruh dunia yang akan ke Jepang dalam program kerjasama pendidikan, termasuk tiga siswa kami,” ujar Harold Ojaitauw.

Dirinya sangat berharap dalam kegiatan 10 hari tersebut, tiga siswanya dapat melihat secara dekat dan menimba ilmu terkait budaya dan dunia pendidikan di Negara Samurai ini. Lalu hasil belajarnya tersebut dapat dibagikan ke sekolahnya.

“Kiranya di sana nanti mereka akan mampu menjadi duta Kabupaten Jayapura untuk memperkenalkan kehidupan dan budaya di sini kepada setiap sekolah yang dikunjungi. Mereka juga dapat mengenal negara Jepang dengan dengan semua budayanya, teristimewa sistem pendidikan dan kehidupan anak remaja yang dapat diaplikasikan di sekolah kami,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Alpius Toam, mengatakan program kerjasama ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu, antara Pemerintah Jepang dan Pemerinah Kabupaten Jayapura.

“Surat masuk dari pemerintah Jepang sudah dari November tahun lalu. Realisasinya baru sekarang. Kita juga mengapresiasi program pemerintah daerah yang memberikan kesempatan kepada anak-anak kami untuk menimbah ilmu di luar negeri sehingga memang ada peluang bagi siswa-siswa sekolah yang diberikan kesempatan untuk memanfaatkan peluang ini dengan belajar dan mendapatkan ilmu yang mungkin saja tidak didapatkan di sini,” katanya. (*)

Reporter: Engel Wally

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top