HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Enam kali Kabupaten Jayapura mewakili Papua dalam ajang Menpora Cup U-14

Kepala Bidang Olahraga Dispora Kabupaten Jayapura, Greq Virgilius Yoku, saat wawancara di ruang kerjanya – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kabupaten Jayapura enam tahun berturut-turut mewakili Papua mengikutinya ajang Menpora Cup U-14.

Kepala Bidang Olahraga pada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Jayapura, Greq Virgilius Yoku, mengatakan perhelatan ini enam kali diikuti SSB Kenambai Umbai Kabupaten Jayapura di ajang nasional.

Dari enam kali itu, mulai tahun 2014 hingga tahun 2019, keikutsertaan tersebut, pada seri Papua yang digelar di Kabupaten dan Kota Jayapura, SSB Kenambai Umbai masih mempertahankan gelar juara umum.

“Enam kali juara seri Papua. Tahun 2017 dan 2018 Kabupaten Jayapura finish di urutan ketiga nasional. Tahun ini target kita ada di urutan kedua,” ujar Greq Yoku, saat ditemui di ruang kerjanya, Kantor Dispora Gunung Merah Sentani, Senin (15/7/2019).

Loading...
;

Dikatakan, untuk tim saat ini sudah bagus, tinggal menutupi kekurangan dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh pelatih.

Mantan Kepala Distrik Sentani Timur ini juga mengatakan pihaknya sedang melaksanakan apa yang diprogramkan oleh Kemenpora, bukan semata-mata soal juara.

Pemerintah daerah dalam visi dan misinya terkait Kabupaten Layak Anak, harus ada ruang dan waktu yang tersedia bagi anak-anak usia dini untuk berkembang, salah satunya melalui iven olahraga seperti ini.

“Prestasi itu bukan yang juara, tetapi pengembangan diri secara individu dan mengikuti setiap iven yang dilakukan, bahkan dari usia dini meningkat serta masuk jajaran tim profesional, itulah yang disebut prestasi,” katanya.

Lanjutnya, kemenangan sebuah tim dalam menjuarai iven bukan sesuatu yang dikejar tetapi hal yang biasa saja. Karena tim yang dibina sudah biasa menjuarai setiap iven Menpora Cup yang dilakukan di daerah ini.

“Untuk pembinaan anak usia dini di daerah, hingga saat ini masih swadaya. SSB di sini beruntung memiliki pelatih dan pengurus yang baik, mampu mengurus dan melobi pendanaan serta tempat latihan bagi anak didik mereka, tetapi hal ini tidak akan dibiarkan begitu saja karena pemerintah daerah juga tetap memberikan support terhadap pembinaan ank usia dini,” jelasnya.

Sebelumnya, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan pembinaan usia dini di daerah menjadi hal prioritas yang harus diperhatikan oleh semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) secara khusus Dispora.

“Untuk membuat sebuah tim profesional itu jauh dari pembinaan kita, hari ini pembinaan yang sifatnya memberikan kesempatan dan ruang kepada anak usia dini untuk melakukan apa yang menjadi bakat dan talenta mereka masing-masing. Lima hingga sepuluh tahun kemudian, dia bisa menjadi atlet profesional, berarti kita juga ikut bangga. Secara khusus dalam peningkatan ekonomi sudah terpenuhi,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top