Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Enembe bilang ini hal-hal jahat yang ancam orang Papua

Relawan HIV/AIDS provinsi Papua menghadiri pertemuan akbar gubernur Papua jumat (15/02,019) (Jubi/Mawel)

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua, Lukas Enembe mengajak seluruh orang asli Papua untuk berusaha menjauhi segala macam bentuk kenikmatan yang membawa petaka dan berujung kepada kematian.

“Jauhi nikmati hal-hal yang jahat ini. Jangan anda coba Narkoba, Miras dan Seks bebas,”ungkap Enembe kepada ribuan relawan HIV/AIDS di provinsi Papua pada (15/02/2019) di Panggung Taman Budaya Expo Waena, kota Jayapura, Papua.

Kata dia, hal-hal yang nikmat itu menjadi awal dari penularan penyakit menular seksual, HIV/AIDS, sifilis dan kanker serviks yang membuat banyak orang Papua meninggal.

Orang yang minum alkohol tidak terkontrol tentunya rentan seks bebas. Orang yang Miras atau Narkoba tentunya kecelakaan lalintas dan kriminal tinggi. Orang yang seks bebas tentunya tertular penyakit HIV/AIDS. Begitu Enembe bilang.

“Kalau tidak jauhi, membahayakan kita. Kita habis,”tegasnya kepada ribuan relawan yang menyambutnya dengan tepuk tagan.

Kalau habis, maka menurutnya pulau Papua akan jadi milik orang lain. Menempati dan menikmati hasil kekayaan alam Papua.

Dokter Anton Mote, di tempat yang sama, waktu yang berbeda, mengatakan lagu “Tanah Papua” yang dikumandangkan setiap acara, terancam tidak akan dikumandangkan lagi.

Loading...
;

“Karena itu, katakan saya tidak mau kena HIV/AIDS,”tegas Mote di sela-sela testimoninya menyaksikan banyaknya kematian di Rumah Sakit Dok II Jayapura akibat AIDS.

Sekedar diketahui, dinas kesehatan provinsi Papua, per september 2018 merilis, 38,784 kasus HIV/AIDS sejak kasus pertama di Merauke pada 1992. (*)

Editor: Syam Terrajana 

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top