HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Fasilitas umum obyek wisata di Papua harus dibenahi

Fasilitas umum obyek wisata di Papua harus dibenahi

Objek wisata Danau Sentani, Kabupaten Jayapura – Jubi/dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Papua mengatakan objek wisata yang ada di Bumi Cenderawasih sangat banyak dan menarik untuk dikunjungi. Akan tetapi, berbagai fasilitas umum yang ada di lokasi wisata, seperti gazebo dan kamar mandi umum, harus dibenahi untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung yang berwisata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Papua, Yoseph Matutina daerah tujuan wisata seperti Lembah Baliem Kabupaten Jayawijaya, Danau Sentani Kabupaten Jayapura, Pulau Padaido Kabupaten Biak, Pantai Base G, dan Pantai Hamadi Kota Jayapura selalu menarik minat wisatawan berkunjung.

“Jika objek wisata dikemas dengan baik, tentu akan memancing wisatawan asing dan wisatan lokal berkunjung. Apalagi tahun 2020 Papua akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional atau PON. PON adalah perhelatan akbar olahraga nasional yang digelar setiap empat tahun sekali,” kata Yoseph Matutina di Jayapura, Jumat (12/7/2019).

Untuk mendukung penyelenggaraan PON XX Papua, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Papua akan berusaha membenahi fasilitas umum di sejumlah objek wisata, khususnya obyek wisata yang terletak di Kota dan Kabupaten Jayapura. “Mungkin kami bisa membantu dengan membenahi gazebo, toilet dan fasilitas lainnya lain di obyek wisata yang menjadi lokasi penyelenggaraan PON,” ujarnya.

PON XX Papua akan digelar pada 2020, dan akan diikuti para atlet dari seluruh provinsi di Indonesia. PON XX Papua akan berlangsung di lima kluster (gugus wilayah) penyelenggaraan, yaitu Jayapura, Biak, Jayawijaya, Mimika, dan Merauke.

Matutina ingin penyelenggaraan PON XX Papua menjadi momentum untuk mempromosikan daerah tujuan atau destinasi wisata di Papua. “Kami melalui Bidang Destinasi mendapat Dana Alokasi Khusus senilai Rp4 miliar [untuk mempromosikan destinasi wisata di Papua]. Namun, besaran anggaran itu tidak cukup untuk [mempromosikan] semua destinasi wisata. Jadi kami akan melihat mana yang lebih prioritas, itulah yang dikerjakan,” katanya.

Secara terpisah, Asisten Bidang Umum Papua Elysa Auri, mengingatkan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Papua harus bisa memanfaatkan sekaligus mengelola potensi wisata yang ada di Bumi Cendewasih agar meningkatkan kesejahteraan masyarakat.”Aparatur pemerintah dituntut untuk memberdayakan semua potensi yang ada,” kata Auri.

Auri menyatakan pengelolaan pariwisata di Papua harus menerapkan prinsip pembangunan yang berpihak kepada ekonomi rakyat Papua. “Pembangunan di bidang pariwisata juga harus tetap menyesuaikan diri dengan kondisi objektif dan karakteristik di masing-masing daerah,” ujarnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)