Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Festival empat danau bisa mempromosikan Meepago menjadi daerah tujuan wisata

Foto ilustrasi, masyarakat adat Suku Mee. – Ist

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Pemerhati seni budaya Thedy Pekey mengusulkan digelarnya festival empat danau untuk mempromosikan wilayah adat Meepago, Papua, sebagai daerah tujuan wisata. Festival itu bisa memperkenalkan seni budaya masyarakat adat yang bermukim di sekitar Danau Paniai, Danau Tage, Danau Tigi, dan Danau Makamo, serta keindahan alam di lingkungan keempat danau yang berada di tiga kabupaten berbeda di Papua itu.

Pekey mengatakan festival empat danau dapat menjadi festival budaya yang unik dan menarik bagi para wisatawan. Para wisatawan akan berkesempatan mengenal budaya masyarakat adat yang bermukim di sekitar keempat danau besar di wilayah adat Meepago, sekaligus mengetahui bagaimana keempat danau besar itu menghidupi mata pencaharian masyarakat adat setempat.

“Keempat danau itu sudah dikenal oleh khalayak. Akan tetapi, banyak pula orang yang belum mengetahui keberadaan keempat danau besar itu, berikut masyarakat adat di sekitarnya. Perlu digelar festival empat danau untuk mempromosikan keempat danau itu,” kata Pekey kepada Jubi, Minggu (30/6/2019).

Di wilayah adat Meepago, terdapat empat danau besar yaitu Danau Paniai (di Kabupaten Paniai), Danau Tege (di Kabupaten Paniai), Danau Tigi (di Kabupaten Deiyai), dan Danau Makamo (di Kabupaten Dogiyai). Keempat danau yang berada di kawasan Gunung Deiyai itu memiliki suhu yang cukup dingin, alam yang indah, dan menjadi keunikan tersendiri bagi ketiga kabupaten di wilayah adat Meepago itu.

Loading...
;

Pekey mengatakan festival budaya yang menjadikan keempat danau besar itu sebagai ikon akan mempromosikan potensi wisata danau, wisata budaya, maupun wisata kuliner ke ketiga kabupaten. Festival empat danau juga bisa menjadi ajang untuk memamerkan buku maupun benda budaya yang menjadi ciri khas masyarakat adat Meeuwo.

Ketua Asosiasi Pemuda Meepago Mando Mote juga mengatakan festival empat danau akan mengembangkan potensi wisata di Meepago. “Kami berharap pemerintah bisa merespon [usulan itu], sebab kegiatan itu berguna untuk menumbuhkan potensi ekonomi masyarakat kampung,” katanya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top