Festival Film Papua Ke-III, “ Perempuan Penjaga Tanah Papua”

Festival Film Papua Ke-III, “ Perempuan Penjaga Tanah Papua”

Papuan Voices saat gelar pelatihan film advokasi dokumenter di Keerom di gedung dewan adat Keerom – Jubi/Agus Pabika

Jayapura,Jubi – Dunia film dokumenter di Papua terus bergeliat dengan munculnya beragam komunitas. Salah satunya adalah Perkumpulan Papuan Voices (PV). Salah satu agenda kerja PV adalah melaksanakan kegiatan Festival Film Papua (FFP). Pada tahun 2019, FFP ini adalah FFP Ke – III dan dilaksanakan di Kota Sorong, Papua Barat.

Hal ini dikatakan oleh Bernard Koten selaku Koordinator Umum Papua Voices . “Kami punya agenda tahunan yakni Festival Film Papua Ke- III yang akan berlangsung Agustus 2019 nanti. Tema yang kami angkat adalah Perempuan Penjaga Tanah Papua,” ujar Bernard, pada rilis yang diedarkan di Kantor Jerat Papua, Selasa,(11/6/ 2019).

Bernard menambahkan bahwa sesungguhnya, dalam konsep budaya Orang Papua, kaum perempuan mendapat tempat yang cukup baik. Seperti pada beberapa suku yang menggambarkan perempuan dalam simbol-simbol keagungan.

Menurutnya, saat ini isu Perempuan Papua banyak mendapat apresiasi dari berbagai elemen masyarakat. Narasi mama-mama Papua dalam pemberdayaan ekonomi, perlindungan keluarga, pendidikan, dan lain sebagainya, telah banyak terekam dalam benak orang Papua yang terus memperjuangkan keadilan.

Di tempat terpisah, Agus Kalalu sebagai Ketua Panitia FFP Ke-III mengatakan penyadaran terus menerus melalui sosok perempuan adalah rekam jejak perjuangan dalam melawan diskriminasi, khususnya saat mengangkat ketidakadilan, pengabaian dan belum meratanya pelayanan publik.

“Kini telah banyak perempuan Papua yang memperjuangkan kesetaraan akan berpikir dan bertindak lain dari sekedar mencari kedudukan di pemerintahan atau pengakuan masyarakat adatnya” ujar Agus Kalalu yang dihubungi melalui selulernya.

Festival Film Papua ke-lll tahun 2019 di Sorong, akan secara khusus membahas masalah masalah-masalah mendasar yang dialami oleh perempuan Papua di semua aspek kehidupannya. Dokumentasi film tentang Perempuan yang berjuang di semua aspek (politik, ekonomi, sosial, budaya, lingkungan, pendidikan, lingkungan hidup, dan lainnya) unfuk menjaga tanah Papua sebagai lbu yang memberikan kehidupan bagi manusia Papua dan Dunia.

Papuan Voices adalah komunitas film yang terbentuk pada 2011. Berawal dari program pelatihan produksi dokumenter yang dibuat oleh EngageMedia yang bekerja sama dengan SKPKC Fransiskan Papua, SKP Keuskupan Agung Merauke dan JPIC MSC di Merauke.

Para peserta pelatihan lalu menyatukan diri dalam wadah Komunitas film Papuan Voices.

Papuan Voices menyelenggarakan dua kegiatan utama.Pertama, penguatan kapasitas generasi muda di dalam memproduksi audio visual dan kedua, melakukan kampanye dan advokasi terkait isu-isu penting di Tanah Papua dan FFP.(*)

Editor: Syam Terrajana

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)