Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Festival perang air Selatpanjang menarik wisatawan asing

Ilustrasi Festival Budaya Lembah Balim. -Ist

Rombongan wisatawan mancanegara dari Thailand dan Malaysia itu tiba di Bandara SSK II Pekanbaru pada Sabtu (25/1) kemarin,”

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Pekanbaru, Jubi – Festival Perang Air di Kota Selatpanjang, Provinsi Riau menjadi daya tarik bagi wisatawan mencanegara dari Thailand dan Malaysia. Turis asal dua negara tersebut mengunjungi Festival Perang Air yang digelar bertepatan perayaan Imlek tahun 2020.

“Rombongan wisatawan mancanegara dari Thailand dan Malaysia itu tiba di Bandara SSK II Pekanbaru pada Sabtu (25/1) kemarin,” kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Riau, Raja Yoserizal, Minggu, (26/1/2020).

Baca juga :  Dishub Denpasar fasilitasi parkir khusus jelang festival dan pergantian tahun

Berjumpa pencetus Festival Makan Papeda

Riau gelar festival sambut gerhana matahari cincin

Loading...
;

Perang Air merupakan tradisi masyarakat di Selatpanjang, terutama warga Tionghoa setiap perayaan tahun baru Imlek. Tradisi yang juga disebut “Cian Cui” ini yakni warga saling menyiram air pada sore hari di waktu yang ditentukan, dan berlangsung sepekan sejak Imlek.

“Pemerintah daerah mengemas tradisi ini menjadi Festival Perang Air sebagai destinasi wisata budaya, dan tiap tahun menyedot puluhan ribu wisatawan,” kata Yoserizal, menambahkan.

Menurut dia, festival yang digelar setiap perayaan Imlek itu juga menjadi ajang silaturahmi, karena warga Selatpanjang yang merantau hingga ke luar negeri, pulang ke kampung halamannya.

Menurut dia, di antara wisatawan mancanegara yang datang juga ada rombongan  Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) Thailand dan Malaysia yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada 2019.

“Mereka datang demi membantu promosi dan marketing pariwisata di Riau,” katanya.

Acara itu juga mengundang tamu asal daerah Jakarta, yakni Miss Tourism Internasional 2018-2019, Astari Indah Vernideani dan Miss Cosmo World 2018, Delvia Wirajaya. Kedatangan para duta pariwisata ini akan mengunjungi destinasi wisata di Riau.

Sebelum mengikuti kegiatan Perang Air rombongan akan mengunjungi Pekanbaru Heritage Walk, kemudian menuju Kabupaten Bengkalis guna melihat atraksi tari Zapin, rumah tenun dan Pantai Selat Baru. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top