Film Elton John dilarang di Samoa

Film Elton John dilarang di Samoa

Apia, ibu kota Samoa. – RNZI/Koroi Hawkins

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Apia, Jubi – Pejabat sensor perfilman, Leiataua Niuapu Faaui, dari Kementerian Kehakiman mempertahankan keputusannya untuk melarang pemutaran film Rocketman di bioskop Apollo Cinemas.

Berbicara kepada koran Samoa Observer, Leiataua berkata meskipun film Rocketman menceritakan kisah sukses yang bagus, ada terlalu banyak adegan “tidak baik untuk dilihat publik” dalam film itu.

Film Rocketman, kisah kehidupan Elton John, dilarang oleh badan sensor Samoa, Samoa Censorship Board, pada Kamis pekan lalu (6/6/2019).

Apollo Cinemas, yang membawa film itu ke Samoa, belum mengajukan banding atas putusan tersebut.

Menurut Leiataua, penggambaran perilaku seksual di layar kaca itu tidak memenuhi kriteria penayangan karena “melanggar hukum tentang pernikahan sesama jenis dan itu tidak cocok dengan budaya dan kepercayaan Kristen di sini”.

Terakhir kali Leiataua memutuskan untuk melarang film dengan konten seksual yang serupa di dalamnya terjadi pada 2009, ketika ia melarang film Milk, kisah aktivis gay Amerika, Harvey Milk, yang akhirnya menjadi pejabat pemerintah gay pertama di California.

Leiataua menerangkan alasan pelarangan kedua film itu “kurang lebih sama”.

Samoa Censorship Board dan Kementerian Kehakiman menekankan mereka tidak memiliki niat untuk menantang kaum homoseksual atau fa’afafine, Leiataua menegaskan.

“Kami hanya melaksanakan tugas kami, dan melakukan sensor ini sesuai dengan kriteria dan klasifikasi kami,” jelasnya. (Samoa Observer/Sapeer Mayron)


Editor: Kristianto Galuwo

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)