Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Forum editor dunia di Asia dideklarasikan

Ilustrasi, pixabay.com

Peluncuran asosiasi dilakukan di Singapura, Rabu, dalam pertemuan surat kabar dan penerbit di Asia Publish Asia 2019 yang digelar pada 8 hingga 9 Mei.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Singapura, Jubi – Editor dari 15 media di Asia membentuk Forum tingkat Dunia untuk wilayah Asia guna mempersatukan editor di bawah naungan Asosiasi Penerbitan Surat Kabar Dunia (World Association of Newspaper/WAN-IFRA).

Peluncuran asosiasi dilakukan di Singapura, Rabu, dalam pertemuan surat kabar dan penerbit di Asia Publish Asia 2019 yang digelar pada 8 hingga 9 Mei. Pembentukan forum itu dimulai dari pertemuan di kantor The Straits Times pada Selasa (7/5), yang membahas bentuk, tujuan dan area kerja sama antarmedia yang menjadi anggota forum.

Para editor yang tergabung sepakat pembentukan forum sangat tepat di tengah banyak tantangan bersama yang dihadapi serta kebutuhan untuk berkolaborasi bersama.

Beberapa tantangan yang muncul di antaranya mengenai kredibilitas media, menjaga kebebasan jurnalis dalam bekerja dan mempertahankan kredibilitas mereka di mata pembaca di tengah gempuran berita palsu.

Tantangan lain yang dinilai penting adalah bagaimana media mempertahankan dan mengembangkan kapasitas sumber daya redaksi untuk menghasilkan jurnalisme bermutu tinggi, yang sangat bergantung pada sumber daya manusia serta berbiaya tinggi.

Loading...
;

Selain itu, pengembangan kemampuan redaksi juga dibutuhkan untuk menanggapi perkembangan dan perubahan teknologi komunikasi dalam menghadapi era disrupsi media.

Tantangan lain mengenai kapasitas  pentingnya media memelihara dan mengembangkan sumber daya redaksi guna mewujudkan jurnalisme berkualitas, yang memiliki sumber daya intensif dan berharga.

Para editor menyiapkan beberapa kegiatan untuk meluncurkan kerja sama yang baru tersebut, di antaranya  World News Day, yaitu momen untuk memberikan penghargaan bagi hasil karya jurnalis dan mendorong awak redaksi bekerja secara profesional serta berkualitas untuk mengawal kerja pemerintah dan kepentingan masyarakat.

Forum Editor Dunia untuk Kawasan Asia akan bertemu minimal dua kali setahun untuk mengulas dan melanjutkan upaya-upaya kerja sama tersebut. Pertemuan selanjutnya dijadwalkan berlangsung pada bulan Oktober di sela-sela Konferensi WAN-IFRA tentang Digital Media Asia di Hong Kong. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top