HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Gabriel Asem tepis isu pemecatan kepala kampung

Gabriel Asem, Bupati Tambrauw Papua Barat, dalam sebuah acara di Manokwari belum lama ini. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Tambrauw, Jubi – Bupati Tambrauw, Papua Barat, Gabriel Asem menepis tudingan yang menyebut pemecatan sejumlah kepala  kampung di wilayah Distrik Amberbaken, Kabupaten Tambrauw   dilakukan oleh ketua DPRD Tambrauw, Cosmas Baru.

Menurut Gabriel,  proses pergantian sejumlah kepala Kampung di Distrik Amerbaken maupun beberapa Distrik di wilayah kabupaten Tambrauw telah melalui proses demokrasi. Ketua DPRD dalam hal ini tidak memiliki kewenangan untuk mengintervensi urusan birokrasi pemerintahan Kabupaten Tambrauw.

Dia mengaku, pergantian kepala kampung justru telah dilakukan sejak bulan Agustus 2018 lalu yang diawali dengan rapat dengar pendapat dari para Kepala Distrik sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Kabupaten Tambrauw serta kajian Inspektorat Kabupaten Tambrauw.

“Jadi disini kami ingin menegaskan bahwa pelaksanaan pergantian dan pelantikan kepala kampung bukan karena intervensi maupun tuntutan atau tekanan dari pihak manapun termasuk dari Ketua DPRD dan Anggota DPRD Kabupaten Tambrauw,” ujar  Asem kepada Jubi melalui telepon seluler, Selasa (16/7/2019) malam.

Loading...
;

Asem menambahkan, pelantikan Kepala Kampung pada Agustus lalu dilakukan karena beberapa hal seperri berakhirnya masa jabatan, tidak melaksanakan tugas secara berkelanjutan atau berhalangan tetap, melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku serta adanya mosi tidak percaya dari masyarakat kepada Kepala Kampung sebagai buntut adanya tidak tansparan penggunaan dana desa.

“Jika hanya dalam bentuk masukan dari pihak DPRD maupun pihak manapun, bisa saja disampaikan kepada Pemerintah Daerah sepanjang itu baik dan benar, sehingga pemerintah daerah akan mengambil langkah-langkah untuk dapat memberikan sanksi kepada kepala kampung yang benar melanggar aturan,” ujarnya.

Sebelumnya beredar kabar tentang pemecatan dan pergantian sejumlah kepala kampung di Tambrauw dilakukan oleh ketua DPRD. Puluhan mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam Kelompok Solidaritas Mahasiswa, Pemuda Tambrauw Peduli Masyarakat Kaum Tak Bersuara (SMPT-PEMAKTA) melakukan aksi demonstrasi di kantor DPD Golkar Provinsi Papua Barat yang berkedudukan di Manokwari pekan lalu.

Massa aksi meminta pertanggungjawaban Ketua DPRD Kabupaten Tambrauw, Cosmas Baru, soal pergantian sejumlah Kepala Kampung di Distrik Amberbaken. (*)

Editor: Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top