Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Ganjar berangkatkan sukarelawan ke Jakarta dan Jawa Barat

Gubernur Ganjar Pranowo (kiri) melepas keberangkatan tim sukarelawan penanggulangan dampak banjir di Jakarta dan Jawa Barat, Senin (6/1/2020) – Antara/Wisnu Adhi Nugroho.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Semarang, Jubi – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberangkatkan 100 sukarelawan untuk membantu penanganan dampak banjir di DKI Jakarta dan Jawa Barat. Pemberangkatan mereka dilepas seusai apel pagi di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin (6/1/2020).

Para sukarelawan berasal dari pelbagai unsur pemerintahan dan masyarakat. Mereka terdiri atas petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dari sejumlah kabupaten dan kota, Palang Merah Indonesia, Taruna Tanggap Bencana, Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah.

“Kemarin, kami mengirim logistik. Hari ini, kami kirimkan personelnya. Mereka (ialah) orang-orang hebat dan terlatih, pasti bisa mendayagunakan kemampuan di lokasi bencana,” kata Ganjar.

Para sukarelawan bertugas selama satu pekan di lokasi bencana. Masa penugasan bisa diperpanjang apabila mereka memang masih dibutuhkan.

“Mereka di sana selama sepekan, sambil kami evaluasi, apakah harus diperpanjang atau tidak (masa penugasannya). Kami akan terus komunikasikan,” lanjut Ganjar.

Gubernur Ganjar menyatakan pengiriman bantuan logistik maupun sukarelawan merupakan misi kemanusiaan. Jawa Tengah juga pernah mendapat bantuan dari seluruh Indonesia ketika tanah longsor melanda Banjarnegara, beberapa tahun lalu.

Loading...
;

“Bencana ini mengasah kepekaan dan kesolidan kita. Mari saling tolong-menolong sebagai anak bangsa,” ujarnya.

Ganjar berpesan kepada para sukarelawan selalu menjaga nama baik Jawa Tengah. Mereka harus siap lahir-batin dalam bertugas, dan bukan malah merepotkan pihak pemerintah setempat.

“Saya percaya Anda semua ialah orang terlatih. Segera membantu, jangan lupa laporkan perkembangan secara rutin. Ini tidak hanya cerita menolong, tetapi menjadi ibadah Anda,” katanya.

Para sukarelawan Jawa Tengah dibagi menjadi dua tim atau kelompok petugasan, yakni di DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Setiap kelompok terdiri atas 50 personel.

“Tidak menutup kemungkinan, mereka dipindahkan ke lokasi lain apabila memang dibutuhkan. Misalnya, saat (penanganan dampak banjir) Jakarta sudah selesai, tim dipindahkan untuk membantu di Jawa Barat,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Jawa Tengah Sudaryanto (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top