HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Gelar kehormatan Mantan PM Solomon dicabut

Mantan Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Allan Kemakeza. – Solomon Star

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Honiara, Jubi – Mantan Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Allan Kemakeza, kehilangan gelar kehormatan yang dianugerahkan kepadanya pada 2001, dan tidak boleh lagi dipanggil “Sir Allan”. Government House negara itu menekankan kembali hal ini pada Sabtu (16/3/2019) lalu, menyusul penggunaan panggilan “Sir Allan” baru-baru ini oleh media saat merujuk pada Kemakeza.

Setelah pencabutan gelar Sir oleh Yang Mulia, Ratu Elizabeth II, pada 24 November 2016, Kemakeza tidak dapat lagi disebut sebagai ‘Sir’,” menurut pernyataan pemerintah.

Pencabutan gelar bangsawan Kemakeza menyusul persetujuan resmi dari mantan Perdana Menteri Manasseh Sogavare, atas rekomendasi Komite Honours and Awards Committee pada 12 Agustus 2016, yang menyarankan pencabutan gelar Kemakeza setelah ia didakwa secara pidana dan dihukum oleh Pengadilan Negeri, dan Pengadilan Tinggi pada 2008, setelah ia mengajukan banding atas tiga kasus pidana. Setelah naik banding pada 2008, Kemakeza dijatuhi hukuman 18 bulan penjara, 12 bulan di antaranya ditangguhkan dan ia menjalani hukuman 6 bulan penjara.

Kemakeza telah diberitahukan mengenai pencabutan itu dalam surat yang tertanggal 11 Januari 2017, yang lalu diserahkan kepadanya pada 2 Mei 2017. Kemakeza diberikan gelar “Sir” pada 16 Juni 2001 setelah ia menjadi perdana menteri. Saat itu dia menjabat anggota parlemen (MP) untuk dapil Savo-Russells Constituency. Dalam pemilu mendatang, Kemakeza akan bertarung untuk kursi dapil Guadalcanal Barat Laut melawan tiga kandidat lainnya.

Loading...
;

Ini merupakan pertama kalinya pemerintah Kepulauan Solomon mencabut gelar kehormatan itu. Beberapa mantan pemimpin dari negara-negara Persemakmuran lainnya juga telah dilucutkan gelarnya akibat hal yang yang serupa. Di Pasifik, Albert Henry dari Kepulauan Cook dicabut gelar “Sir”, setelah didakwa karena curang dalam pemilu. Di Zimbabwe, mantan Presiden Robert Mugabe juga bernasib sama setelah menjadi diktator. (Solomon Star)

 

Editor : Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top