Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Gelar tes CPNS secara online, Puncak Jaya diyakini mampu bersaing di bidang teknologi

Suasana tes Seleksi Kompetensi Dasar secara online yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya, Papua – Jubi/Istimewa

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua meyakini, Kabupaten Puncak Jaya mampu bersaing dengan daerah lain di Bumi Cenderawasih, khususnya di bidang teknologi informasi dikarenakan mampu melaksanakan tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil secara daring atau online. Tes Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD Calon Pegawai Negeri Sipil itu diikuti 1.494 peserta.

Hal itu dinyatakan Asisten Bidang Umum Papua Elisa Auri, di Jayapura pada Sabtu (6/7/2019). Ia mengatakan keberhasilan Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya mengadakan SKD Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) pada pekan lalu itu patut dicontoh daerah lain di Papua.

“Ini suatu kemajuan yang luar biasa dan patut di contoh daerah lain. Padahal sebelumnya kabupaten ini dianggap belum mampu melaksanakan tes SKD secara online,” kata Elisa Auri.

Auri berharap keberhasilan Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya menyeleksi 1.494 peserta tes seleksi CPNS dengan sistem CAT itu bisa segera diikuti pemerintah kabupaten lain di Papua. “Tentu kami harapkan dengan kehadiran sistem CAT ini bisa memberikan semangat bagi masyarakat pencari kerja yang mengikuti tes, dan memotivasi mereka untuk membangun Puncak Jaya ke arah yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Loading...
;

Hal senada dilontarkan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI, Bima Haria Wibisana. Menurut ia, Kabupaten Puncak Jaya bisa menjadi contoh bagi daerah lain, tidak hanya di Papua tapi juga di luar Papua.

Apalagi, keberhasilan itu dicapai Kabupaten Puncak Jaya yang terletak di kawasan pegunungan tengah Papua, sebuah kawasan yang relatif sangat susah dijangkau. Hingga saat ini, Kabupaten Puncak Jaya relatif hanya efektif dijangkau dengan transportasi udara.

“Kalau Puncak Jaya bisa, kenapa daerah lain tidak bisa. Ini akan jadi role model atau percontohan bagaimana penggunana sistem CAT baik di Papua maupun daerah lain,” kata Bima.

Sementara itu, Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda mengaku, pelaksanaan tes SKD bagi para peserta tes penerimaan CPNS dengan sistem CAT/online itu awalnya ditentang oleh masyarakat. Mereka menganggap tes online belum bisa diterapkan di Puncak Jaya yang penuh keterbatsan.

Wonda menyatakan tes online itu akhirnya bisa terlaksana setelah pihaknya berkomunikasi dengan masyarakat serta BKN. “Bahkan daerah kami mendapat satu kehormatan, karena Kepala BKN dan perwakilan dari Pemerintah Provinsi Papua berkunjung dan melihat langsung proses tes itu,” kata Wonda. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top