Gempa 4,6 SR guncang Jayapura

Gempa 4,6 SR guncang Jayapura

Ilustrasi gempa – Jubi/Tempo.co

Jayapura, Jubi – Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 4,6 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Kabupaten Jayapura, Jumat (8/3/2019), sekitar pukul 07:58 WIT

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah V Jayapura, Petrus Demon Sili, di Jayapura, Jumat )8/3/2019), mengatakan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 2,15 Lintang Selatan dan 140,43 Bujur Timur.

Gempa itu, lanjutnya, tepatnya di laut pada 48 Kilometer Barat Laut Kabupaten Jayapura, dengan kedalaman 10 kilometer.

“Dari laporan masyarakat, dampak gempa bumi berupa guncangan yang dirasakan dalam skala III MMI di Jayapura,” katanya.

Menurut Petrus, ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi bagian utara Papua yang melintasi di wilayah Kabupaten Jayapura.

“Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami,” katanya.

Petrus memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg). (*)

Editor: Dewi Wulandari

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)