Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Generasi muda di Papua semakin rentan terpapar narkoba

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Papua, Kasman (kiri) saat berbincang dengan kolega – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Generasi muda di Papua tidak luput dari paparan narkotika, psikotropika, dan obat-obatan berbahaya. Badan Nasional Narkotika (BNN) Papua terus menyosialisasikan bahaya narkotika kepada pelajar SMA dan SMK, untuk mencegah mereka menjadi pemakai narkoba.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) Papua, Kasman menyatakan dari 6.320 warga Papua yang menjalani tes urine sepanjang 2018, sejumlah 15 orang di antaranya dinyatakan positif mengonsumsi ganja. Sejumlah 15 orang yang positif menghisap ganja itu semuanya pelajar SMA atau SMK.

Menurut Kasman, para pelajar yang kedapatan mengonsumsi ganja itu mendapat pembinaan tentang bahaya narkoba. “Mereka harus tahu dampak narkoba. Pembinaan itu juga harus melibatkan orangtua,” kata Kasman di Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa (12/3/2019).

Untuk mencegah para pelajar dan generasi muda Papua semakin terpapar narkoba, BNN Provinsi Papua terus menggencarkan penyuluhan bahaya narkoba kepada mereka.”Melalui sosialisasi dan penyuluhan, kami menyadarkan bahaya narkoba kepada generasi milenial. Tujuannya agar mereka mampu dan berani menolak hajatan ataupun tawaran narkoba,” kata Kasman.

Loading...
;

Kasman berharap setiap pelajar yang sudah mengikuti penyuluhan bahaya narkoba bisa membagi pengetahuan mereka kepada pelajar yang lain. BNN Papua juga telah menggandeng sejumlah orang muda untuk menjadi relawan kampanye anti narkoba. “Kami tidak ingin ada korban selanjutnya. Narkoba adalah ancaman bagi generasi emas Papua. Jika sudah memakai narkoba, sangat sulit untuk berhenti,” jelasnya.

Salah satu siswa SMA kelas XI IPA di SMA Mandala Jayapura, Aisyah mengaku pernah mengikuti sosialisasi bahaya narkoba di sekolahnya. Aisyah menganggap sosialisasi itu bagus dan memberi pengetahuan tentang berbahayanya narkoba. “Saya berharap teman-teman seusia saya tidak mencoba-coba mengonsumsi narkoba,” kata Aisyah.(*)

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top