Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Gerak jalan, lomba yang selalu ada di setiap peringatan HUT RI

Salah satu peserta lomba gerak jalan dari SMP YPK Mathin Luther Sentani – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Memperingati HUT RI pada 17 Agustus, sejumlah perlombaan dilaksanakan, baik di tingkat kabupaten, distrik, keluarahan, maupun kampung. Aneka lomba digelar, antara lain panjat pinang, hias gapura, kebersihan, dan berbagai pertandingan olahraga seperti sepak bola, volley ball, dan catur.

Gerak jalan adalah salah satu mata lomba yang tidak pernah terlewat dilombakan untuk memperingati hari kemerdekaan bangsa ini.

“Dari tahun 80-an, gerak jalan ini sudah ada di setiap peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Donald, seorang warga Sentani yang sedang menyaksikan kedua anaknya yang tengah mengikuti lomba gerak, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura di Gunung Merah Sentani, Kamis (15/8/2019).

Dikatakan, pada masa- masa itu memang tidak seramai atau sebanyak peserta seperti saat ini. Tetapi setiap sekolah bisa mengirim tiga sampai lima regu untuk mengikuti lomba gerak jalan.

Loading...
;

“Dulu belum ada lapangan upacara di kantor bupati ini. Kantor Bupati Jayapura masih di APO Kota Jayapura. Jadi setiap sekolah kami datang di tempat start itu di jalan Genyem. Semua tim dari masing-masing sekolah berbaris sesuai dengan nomor urut peserta. Finish di lapangan Sentani, sekarang makam Theys Eluay,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Hermina, warga Kemiri. Lomba gerak jalan seperti ini yang sangat dinanti-nantikan oleh warga masyarakat untuk memenuhi pinggir jalan raya sekaligus memberikan support kepada peserta yang mengikuti lomba.

“Biasanya kalau ada anak-anak dari satu kompleks yang ikut lomba, pasti dikasih semangat oleh teman-teman mereka bahkan keluarga yang menonton di pinggir jalan,” katanya.

Sementara itu Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Jayapura, Moses Kallem, saat melihat antusiasme pelajar yang terlibat dalam kegiatan lomba gerak jalan memperingati HUT ke-74 RI, mengaku sangat mengapresiasi ribuan siswa-siswi yang terlibat langsung dalam lomba gerak jalan yang mengambil start di lapangan upacara Kantor Bupati Jayapura di Gungng Merah Sentani dan finish di halaman Masjid Al Aqsa Sentani.

“Lomba gerak jalan ini bukan sekedar gerak jalannya, tetapi ada nilai dan manfaat yang dilihat dari lomba itu sendiri. Kekompokan atau kerja sama dalam tim, kekuatan, harmonisasi, kerapian, keindahan melalui busana dan seragam yang digunakan. Inilah bentuk-bentuk implementasi kehidupan kita sebagai warga negara yang harus diterapkan dalam kehidupan kita setiap hari tetapi juga ditengah masyarakat umum,” ungkapnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top