HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Giyai targetkan RSUD Jayapura akreditasi paripurna

Giyai targetkan RSUD Jayapura akreditasi paripurna

Plt Direktur RSUD Jayapura, dr. Aloysius Giyai – Jubi/Arjuna.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Plt. Direktur RSUD Jayapura, dr. Aloysius Giyai menyatakan salah satu targetnya adalah meningkatkan akreditasi rumah sakit milik Pemprov Papua itu.

Kini RSUD Jayapura telah berakreditasi madya. Ia akan berupaya agar rumah sakit tersebut berakreditasi paripurna, meski proses tahapan akreditasi sudah setahun ini tidak berjalan.

“Kalau kita sudah bicara akreditasi didalamnya itu semua aspek. Masalah mutu pelayanan, kesiapan tenaga, peralatan kedokteran, peralatan kesehatan, penataan lingkungan, masalah lahan parkir, hingga masalah keamanan,” kata Aloysius Giyai, Kamis (11/7/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua itu yakin dapat meningkatkan status akreditasi RSUD Jayapura. Rasa optimis itu muncul lantaran sebelumnya proses akreditadi madya rumah sakit rujukan tersebut sempat tersendat.

Menurutnya, ketika dipercaya menjabat plt direktur RSUD Jayapura pertama kali jelang akhir 2017 hingga pertengahan Mei 2018, ia berupaya agar rumah sakit itu terakreditasi.

“Saya pasang badan. Saya malu rumah sakit besar tidak terakreditasi sedangkan rumah sakit kecil sudah. Akhirnya akreditasi bisa jalan meski hanya madya. Seharusnya paripurna. Kini saya kembali menjabat plt, saya akan lanjutkan yang tertunda,” ujarnya.

Menurutnya, meski serah terima jabatan plt RSUD Jayapura belum dilakukan, namun sejak penyerahan surat keputusan gubernur Papua beberapa hari lalu, Aloysius Gigayai telah memanggil semua jajaran rumah sakit.

Ia menanyakan perkembangan kesiapan akreditasi di masing-masing kelompok kerja. Menanyakan kepada jajaran berapa nilai untuk RSUD Jayapura jika tim penilai Komisi Akreditasi Nasional melakukan penilaian sekarang.

“Meraka bilang kalau dulu nilai 60, kini bisa 80. Saya bilang nilainya mesti lebih dari itu. Sekarang saya genjot semua tim. Besok dokumen penuh akan diserahkan kepada saya, dan akan saya lihat apa saja kekurangannya,” ucapnya.

Mantan Direktur RSUD Abepura, Kota Jayapura itu meminta dukungan gubernur Papua, sekda Papua dan DPR Papua untuk anggaran menunjang terwujudnya akreditasi paripurna RSUD Jayapura.

“Menteri sudah memberikan warning kalau RSUD Jayapura tidak akreditasi paripurna, kemungkinan rujukan rumah sakit tertingggi akan diberikan ke rumah sakit swasta,” katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi V DPR Papua yang membidangi pendidikan dan kesehatan, Jack Kamasan Komboy berharap kembalinya Aloysius Giyai sebagai plt direktur RSDU Jayapura dapat mengurai berbagai masalah di rumah sakit itu.

“Ini tantangan untuk beliau. Kinerja beliau ketika menjabat direktur RSUD Abepura, Kota Jayapura semoga dapat berlanjut di RSUD Jayapura,” kata Jack Komboy.

Kata Jack Komboy, Aloysius Giyai mesti diberi kepercayaan lebih lama menangani RSUD Jayapura. Minimal enam bulan ke depan agar progresnya dapat terlihat, karena Jack Komboy berpendapat permasalahan di RSUD Jayapura selama ini lebih pada masalah dalam manajemen rumah sakit. (*)

Editor: Edho Sinaga

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)