Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

GKI di tanah Papua latih 30 mediator

Ilustrasi Suasana ibadah Minggu pagi di GKI Maranatha Kampung Yoboi – Jubi/Facebook-Budi Yoku

Jayapura, Jubi – Gereja Kristen Injili di Tanah Papua ( GKI) melatih 30 mediator. Kerja sama GKI tanah Papua, Pusat Mediasi Nasional dan Mahkamah Agung. Pelatihan digelar di di gedung P3W Jayapura.

Dalam pelatihan itu, para pemateri akan memberikan skill untuk memecahkan masalah di setiap jemaat ada di bawah GKI di tanah papua. Setiap persoalan sebisa mungkin akan diselesaikan dengan cara mediasi. Bukan lewat jalur pengadilan.

Setiap proses penyelesaian masalah tidak harus dihukum, ada proses lain yang bisa di selesaikan yaitu dengan mediasi,” kata Pdt. Jake Meriil Ibo, Senin (29/4/2019) di Jayapura.

Dari 30 peserta ini nantinya akan mengantongi sertifikat nasional. Mereka akan kembali ke jemaat-jemaat dan akan jadi mediator pada setiap persoalan.

Selama ini masyarakat masih awam dengan proses penyelesaian dengan mediasi. Banyak yang bawa masalah ke proses hukum. Proses mediasi ini ada nilai positifnya,” katanya.

Loading...
;

Program mediator bagi pendeta ini baru pertama kali dilakukan di GKI. Rencananya, pelatihan yang sama akan digelar tahun depan.

Pada 30 April 2019, Mahkamah Agung juga akan membuka sebuah kantor pusat bantuan mediasi GKI di tanah Papua.

Yonanes Mambrasar dari organisasi Paham Papua menambahkan, mediasi merupakan bagian dari proses penyelesaian yang penting sekali, khususnya pada kasus-kasus perdata. Mediasi juga merupakan langkah awal yang difasilitasi pengadilan, sebelum masuk pada pokok sidang.

Dia mengatakan, mediasi merupakan cara penyelesaian persoalan secara damai. (*)

Editor: Syam Terrajana

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top