Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Gratis,portal Rumah Belajar sudah diluncurkan di Papua

Suasana peluncuran portal Rumah Belajar yang dihadiri para pendidik dan jajaran Dinas Pendidikan Papua. – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dinas Pendidikan Provinsi Papua meluncurkan portal Rumah Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jayapura, Papua, Rabu (16/10/2019). Seluruh sekolah di Bumi Cenderawasih, mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan diminta memanfaatkan portal itu sebagai pendukung kegiatan belajar mengajar.

Kepala Dinas Pendidikan Papua, Elias Wonda mengatakan saat ini hampir seluruh anak sekolah mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan sudah menggunakan telepon genggam. Kondisi itu memungkinkan para anak didik memanfaatkan portal Rumah Belajar di sekolah maupun di rumah.

Portal Rumah Belajar yang dibuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah laman internet yang menyediakan berbagai informasi, laman ajar, dan soal-soal yang bisa digunakan para siswa berlatih. Laman internet https://belajar.kemdikbud.go.id/ itu juga menyediakan fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas.

Wonda menyatatakan portal Rumah Belajar harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh anak didik dan para guru. “Dengan harapan ke depan seluruh generasi Papua harus pintar dalam menggunakan teknologi,” kata Elias Wonda usai peluncuran portal Rumah Belajar di Jayapura itu.

Loading...
;

Wonda meminta para guru untuk memanfaatkan alat-alat pendukung teknologi seperti komputer dan laptop demi menunjang para siswa dalam pembelajaran. “Alat-alat pendukung informasi dan teknologi itu jangan disimpan di kantor atau ruang guru. Tapi harus digunakan untuk menunjang belajar setiap siswa,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Pengembangan Jejaring Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom), Hasan Chabibie mengaku sangat bangga  terhadap Dinas Pendidikan Papua yang mempercayakan portal Rumah Belajar sebagai sarana untuk mengakselerasi kualitas pendidikan pelajar. Menurutnya, laman internet yang dikembangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berisi ribuan konten pembelajaran, baik dalam bentuk video, animasi, maupun soal.

Sebagai laman internet, portal Rumah Belajar bisa secara bebas dimanfaatkan oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja.Oleh karena itu, Hasan menyambut baik ajakan dari Dinas Pendidikan Papua agar sekolah di Papua memanfaatkan laman internet itu.

“Hari ini dari Sabang sampai Merauke, dari Aceh sampai Papua adik-adik kita memiliki kecerdasan yang sama dalam memanfaatkan teknologi. Selama diberikan ruang dan kesempatan, mereka pasti akan bisa lari dengan sangat cepat,” kata Hasan.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G 

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top