Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Gubernur akan laporkan persiapan PON kepada Jokowi

Ilustrasi maskot dan logo PON XX Papua 2020. – Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua Lukas Enembe dalam waktu dekat akan melaporkan perkembangan persiapan Papua untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2020 kepada Presiden Joko Widodo. Hal itu disampaikan Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Papua, Alexander Kapisa saat dihubungi melalui panggilan telepon, Rabu (15/1/2020).

Alexander Kapisa mengatakan saat ini pihaknya sementara berkoordinasi dengan Sekretariat Negara untuk menentukan jadwal pertemuan Gubernur Lukas Enembe dan Presiden Jokowi.  “Pak Gubernur akan laporkan persiapan penyelenggaraan PON di Papua. [Gubernur juga akan membicarakan] kebutuhan pembiayaan penyelenggaraan,” kata Kapisa.

Saat ditanya soal penyusunan dan pengesahan rancangan Instruksi Presiden (Inpres) terbaru soal PON XX Papua, Kapisa menyatakan berkas rancangan Inpres itu sudah ada di meja Jokowi. Akan tetapi, pihaknya masih menunggu kabar pasti soal kapan Inpres itu ditandatangani.

Menurut Kapisa, dalam rancangan Inpres baru PON terdapat aturan soal pembangunan venue atau arena perlombaan cabang olahraga sepatu roda dan panahan. “Tentu jika, sudah ditandatangani Presiden, kami akan minta salinannya untuk menjadi dasar dalam pelaksanaan,” ujarnya.

Terkait pembangunan arena perlombaan grasstrack, Kapisa menyatakan arena itu akan dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Papua. Sedangkan pembangunan arena perlombaan road race akan dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Untuk venue road race, tidak masuk dalam Inpres PON, tapi dibangun memakai dana reguler Kementerian PUPR. [Arena itu] akan dibangun oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XVIII Jayapura,” katanya.

Loading...
;

Sebelumnya, Ketua Harian Panitia Besar (PB) PON XX Papua 2020, Yunus Wonda memastikan pihaknya akan terus mengawal pembahasan dan pengesahan rancangan Inpres tentang percepatan pembangunan fasilitas PON XX Papua oleh Kementerian PUPR. “Keberadaan Inpres sangat penting untuk memastikan pembangunan arena PON XX Papua 2020 segera tuntas,” kata Wonda. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top