HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Gubernur Enembe ajak rakyat Papua bersunat

Salah satu suku di Papua. Pixabay.com/Jubi

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua Lukas Enembe mengajak seluruh rakyat Papua melakukan sirkumsisi atau sunat. Mencegah penyebaran penyakit menular seksual.

“Anak-anak saya, kita harus sunat,”kata Enembe kepada ribuan Relawan HIV/AIDS provinsi Papua pada (15/02/2019) di Taman Budaya Expo, Waena, Kota Jayapura, Papua.

Ajakan itu tidak sekedar mengajak rakyat melakukannya. Lukas mengaku jika dia dan keluarganya melakukan hal yang sama.”Saya punya anak dua sudah sunat,”kata dia.

Dia katakan, sunat sebagai cara mencegah penularan penyakit ini dimulai sejak ketua KPA provinsi Papua lama, drh Costan Karma. Karma mulai kampanye ini sejak 2010 silam.

Metode sunat ini berkaca kepada negara-negara di Afrika. Setelah penduduknya banyak melakukan sunat, penderita HIV/AIDS jadi lebih sedikit .

Loading...
;

Yan Matuan, Ketua harian KPA Provinsi Papua mengatakan sunat masuk dalam empat pola pendekatan penanggulangan HIV/AIDS.

“Promotive, preventive, curative dan rehabilitative,”kata Matuan beberapa waktu lalu kepada jurnalis Jubi.

Dikutip dari Tirto.id, pada 2016 lalu KPA Provinsi Papua mengklaim sirkumsisi dengan menggunakan metode prepex dapat mengurangi resiko penularan HIV sebanyak 76 persen di wilayahnya.

Program sirkumsisi tahap kedua di Provinsi Papua dilakukan pada Maret 2016.Untuk mempersiapkan mulainya program tersebut, KPA telah memesan paket prepex sebanyak 6000 buah.

Sirkumsisi prepex dilakukan dengan menggunakan semacam cincin karet yang dipasang untuk menjepit kulit khitan. Dengan cincin tersebut jaringan kulup akan mati dan kemudian dibersihkan tanpa menyebabkan perdarahan.

Penelitian Organisasi Kesehatan Dunia dan UNAIDS di Rwanda menunjukkan laki-laki yang melakukan sirkumsisi dengan metode prepex memiliki penurunan risiko terinfeksi HIV sebesar 53 persen sampai 60 persen.(*)

Editor: Syam Terrajana

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top