Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Gubernur janjikan bangun venue hoki di Biak

Demo mendesak pembangunan venue hoki PON dibangun di Biak – Jubi/FHI Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua, Lukas Enembe, berjanji akan membangun venue hoki di Biak menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) provinsi.

Sementara venue hoki yang dibiayai APBN di Doyo, Kabupaten Jayapura, pekerjan tetap jalan, sebab telah masuk dalam Inpres PON 10 Tahun 2017.

“Untuk hoki memang ini menjadi kelemahan dinas lama (sehingga tak dibangun venue di Biak). Padahal seharusnya Biak jadi tuan rumah hoki, karena pemainnya ada di kota karang ini. Bagaimana mereka bisa bangun venue hoki di Jayapura. Saya sampai marah-marah,” kata Lukas Enembe, di Biak, saat melantik bupati terpilih baru-baru ini.

“Kami sudah canangkan di Jayapura tetap jalan, namun nanti akan dibangun satu venue hoki di Biak. Karena hoki ini ada di Biak dan tidak bisa di tempat lain,” ujarnya.

Loading...
;

Menurut Enembe, Pemprov Papua sebelumnya telah menetapkan sejumlah wilayah untuk menjadi tempat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020. Yakni Kota/Kabupaten Jayapura, Biak Numfor, Jayawijaya, Merauke, Mimika, dan Biak, ditambah empat klaster penyangga.

“Untuk itu, saya minta Biak harus siap jadi tuan rumah, sebab dalam Inpres yang baru, hampir sebagian besar venue dan lainnya akan dibiayai APBN,” ujarnya.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadisorda) Papua, Daud Ngabalin, menyatakan pembangunan venue hoki PON tetap dibangun di Doyo, Kabupaten Jayapura. Dimana sudah masuk dalam Instruksi Presiden No. 10 tahun 2017, dengan sumber pembiayaan dari APBN.

“Memang kita sebelumnya usulkan untuk bisa pindah ke Biak, tetapi tidak bisa. Karena harus mengubah dulu Inpres 10 2017 lagi. Sedangkan proses pembangunan sudah harus berjalan,” tegasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top