Gubernur Jawa Tengah membuat lomba daur ulang alat peraga kampanye

Gubernur Jawa Tengah membuat lomba daur ulang alat peraga kampanye

Foto ilustrasi – pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggelar lomba daur ulang alat peraga kampanye Pemilihan Umum 2019. Lomba untuk mendaur ulang seluruh spanduk, baliho, dan poster kampanye yang harus dicopot dalam masa mulai Minggu (14/4/2019) itu terbuka untuk masyarakat umum, dan menawarkan hadiah puluhan juta rupiah.

“Saya akan gelar lomba daur ulang alat peraga kampanye ini, saya siapkan total hadiah Rp20 juta. Silakan kirim hasil kreatifnya ke medsos saya, nanti akan dipilih pemenangnya,” kata Gubernur Ganjar yang ditemui di sela-sela penurunan alat peraga kampanye (APK) yang masih terpasang di sejumlah ruas jalan di Kota Semarang, Minggu.

Dengan berlalunya musim kampanye, seluruh alat peraga kampanye yang dipasang baik oleh tim sukses calon presiden dan wakil presiden maupun para calon anggota legislatif harus diturunkan. Alat peraga kampanye luar ruang yang kebanyakan terbuat dari bahan sintetis tergolong sulit diurai, sehingga sebaiknya tidak dibuang. Karena alat peraga kampanye berbahan sintetis itu tahan lama, alat peraga kampanye itu bisa didaur ulang.

Dengan lomba daur ulang APK, Ganjar mengajak masyarakat kreatif memanfaatkan sampah APK menjadi berbagai produk kerajinan.”Bisa jadi payung, tas, jas hujan atau apapun yang yang memiliki nilai ekonomi tinggi,” ujar Ganjar.

Ganjar juga mewanti-wanti masyarakat agar tidak membuang sembarang APK yang sudah dicopoti karena rata-rata APK terbuat dari plastik sehingga sulit terurai. “Jangan dibuang sembarangan ya, karena banyak material APK dari plastik, itu akan menjadi sampah yang mencemari lingkungan,” katanya.

Pada Minggu, Ganjar turun langsung mencopoti APK dalam berbagai jenis dan ukuran yang terpasang di sejumlah ruas jalan di Kota Semarang dengan mengendarai sepeda motor. Didampingi beberapa petugas Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Jawa Tengah, petugas Panitia Pengawas Pemilihan Umum, dan sejumlah kolega, Ganjar ikut mencopoti APK dari sekitar rumah dinasnya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)