Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Gubernur Papua Barat gunakan Perdasus untuk pembagian dana Otsus

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan saat menyapa masyarakat. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengatakan penting adanya Peraturan Daerah Khusus yang bisa digunakan sebagai landasan hukum pembagian dana otonomi khusus untuk Papua Barat.

Menurut Gubernur, pembagian dana otsus akan lebih aman jika menggunakan Perdasus. Apalagi melihat perjalanan otsus Papua yang sudah berjalan 19 tahun. Selama ini pembagian dana otsus hanya berlandaskan Peraturan Gubernur (Pergub).

“Selama ini, di Papua Barat kita hanya pakai Pergub untuk alokasikan dana Otsus  dari Provinsi ke kabupaten/kota. Tapi setelah saya jabat Gubernur maka bersama DPR Papua Barat, kami berupaya dan sudah ditetapkan sebuah Perdasus tentang pembagian dana Otsus. Perdasus tersebut telah disahkan pada Maret 2019 lalu. Ini penting, agar kita bisa pertanggungjawabkan jika ada pihak yang melakukan audit atau mempersoalkan penggunaan anggaran Otsus di Papua Barat,” ujar Mandacan, Selasa (7/5/2019).

Sementara itu, Kepala Biro Hukum, Setda Provinsi Papua Barat,Roberth Hammar mengatakan, Perdasus Papua Barat tentang pembagian dana otsus belum bisa digunakan sebagai landasan pembagian dana otsus. Ini karena perdasus tersebut masih dalam proses verifikasi di Kementerian Dalam Negeri. Sehingga, pembagian dana otsus tahap pertama di tahun 2019, masih menggunakan Pergub 53 tahun 2018.

“Perdasus pembagian dana otsus untuk Papua Barat juga masih dalam proses verifikasi untuk selanjutnya di registrasi oleh Mendagri. Jadi sambil menunggu prosesnya, Pergub 53 tahun 2018 masih berlaku,” kata Hammar. (*)

Loading...
;

Editor      : Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top