HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Guru honorer ini buka perpustakaan keliling untuk warga

Ilustrasi. Kewajiban mengunjungi perpustakaan merupakan salah satu cara mendorong budaya membaca di kalangan PNS – Jubi/Timo Marten

 

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Cirebon, Jubi – Warkina, seorang guru honorer SMPN 2 Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, membuka perpustakaan keliling bagi warga sekitar untuk meningkatkan minat baca warga. Motivasi Warkina awalnya prihatin dengan minimnya minat baca warga sekitar.

“Padahal banyak pengetahuan yang bisa kita dapatkan dari membaca dan ini membuat SDM juga meningkat,” kata Warkina, Minggu (25/8/2019)

Menurut Warkina semakin membuka wawasan dan pengetahuan, bisa menjadikan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di lingkungan dia menjadi unggul. “SDM yang unggul itu bisa dicapai salah satunya dengan membaca,” ujar Warakina menambahkan.

Loading...
;

Baca juga : Pembangunan perpustakaan kampung di Papua terkendala anggaran

Perpustakaan Papua diminta berbenah dan selalu kreatif

Pengunjung remaja turun drastis di perpustakaan

Bagi dia membangun kesadaran membaca perlu terus dilatih dan didorong, baik itu oleh pemerintah maupun masyarakat agar generasi penerus bisa semakin lebih maju lagi.

Saat ini perpustakaan keliling yang dirintis sejak tahun 2011 itu telah memiliki tiga kendaraan roda tiga dan satu roda empat yang dipinjamkan oleh pemerintah untuk operasional. Perpustakaan  keliling itu ia kelola setiap hari.  “Setelai selesai mengajar saya keliling ke SD, agar para siswa bisa membaca,” kata Warkina menjelaskan.

Meski ia akui tidak mudah mengajak warga untuk gemar membaca, bahkan perjuangan itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun seiring waktu masyarakat mulai membuka diri dan bisa memanfaatkan perpustakaan keliling serta taman baca yang telah ia buat.

“Alhamdulillah perpustakaan keliling ini membuat saya mendapatkan beragam penghargaan, baik tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top