Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

H-1 Idul Fitri, di Nabire harga cabai melambung harga daging sapi stabil

Cabe di pasar Kalibobo Nabire – Jubi/Titus Ruban

Nabire, Jubi – H – 1 hari raya Idul Fitri 2019 ini, harga komoditas cabe rawit, cabe besar dan cabe keriting di Pasar Kalibobo Nabire melambung, meski tak terlalu tinggi.

Dua minggu lalu harga cabe rawit masih Rp150 ribu perkilogram. Sekarang naik menjadi Rp.  200 ribu. Cabe keriting Rp 80 ribu perkilogram naik menjadi Rp 100 ribu dan cabe besar 120 ribu naik jadi Rp 150 ribu.

“Harga naik semua jelang lebaran sejak beberapa hari lalu,” ujar Murni, seorang pedagang bumbu dapur kepada Jubi di Nabire,  Selasa (04/06/2019).

Dikatakan Murni, kenaikan harga ini bukan di buat – buat oleh pedagang.  Memang rempah – rempah yang dibelinya dari petani harganya naik. Sebagai pedagang pastinya ia tidak ingin merugi.

Dijelaskan, untuk cabe rawit dibeli dengan harga rp 150 perkilo, cabe besar Rp 120 ribu dan cabe keriting Rp Rp 100 ribu perkilonya dari petani.

Loading...
;

“Semua lokal asal Nabire,” ucapnya.

Hartati, seorang penjual lainnya juga mengiyakan rekannya. Dia bilang, harga cabe yang dibeli dari pentani ini akan dijualnya dengan sedikit keuntungan yang berkisar antara Rp 30 atau 20 ribu perkilonya.

“Kami untung 20 atau 30 ribu.  tapi kalau setelah lebaran nanti pasti turun lagi, ” katanya.

Sementara harga daging sapi di pasar Kalibobo di klaim pedagang tetap stabil.

La Gandong, penjual daging sapi di Pasar Kalibobo mengatakan harga daging sapi pada umumnya hanya beda Rp 10 ribu dengan hari biasanya.

Satu kilo daging sapi dijual pedagang dengan harga Rp160 ribu, tulang Rp120 ribu, hati campur jantung Rp160 ribu, tetelan Rp40 ribu, jeroan Rp100 ribu dan paru Rp120 ribu.

“Kami hanya naikkan Rp10 ribu, itu sudah kesepakatan dengan teman – teman jelang hari raya seperti saat Natal dan Lebaran saja,” katanya.

Penjual daging Sapi lainnya Safri menambahkan karena tidak ada peningkatan permintaan, penjual belum menaikkan harga daging.

“Harga tidak bisa dinaikkan sesuka penjual. Kita juga lihat situasi,” katanya.

Menurut Safri, stok daging sapi untuk hari lebaran cukup untuk memenuhi permintaan.

Saat ini harga satu ekor sapi jantan berkisar antara Rp 20 hingga Rp30 juta. Betina Rp10 hingga Rp15 juta. (*)

Editor : Victor Mambor

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top