Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Hak ASN harus seimbang dengan kewajiban

ASN Pemkab Nabire saat upacara bendera, beberapa waktu lalu – Jubi/Titus Ruban.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi –  Warga masih mengeluhkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Nabire. Salah satunya di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan atau lebih dikenal sebagai kantor pelayanan satu atap.

“Ketika mengurus perizinan, (sering) tidak ada petugasnya. Kami harus bolak-balik hingga dua-tiga hari, baru bisa ketemu (dilayani petugas),” kata Ayu Permatasari, warga Kelurahan Mogo, Distrik Nabire, Rabu (6/11/2019).

Ayu juga sering mendapati Aparatur Sipil Negara (ASN) Nabire berada di luar kantor saat masih jam dinas. Namun, tidak semua berperilaku demikian. Sebutlah petugas di sejumlah kelurahan. Mereka selalu berada di kantor pada setiap jam dan hari dinas. Mereka juga ramah saat melayani pelbagai keperluan warga.

“Saya salut dengan petugas di kelurahan. Mereka selalu di kantor, dan baik (ramah) terhadap  warga,” ujar Ayu.

Loading...
;

Kedisiplinan dan memberi layanan prima memang seharusnya menjadi komitmen setiap ASN. Itu sekaligus wujud pengabdian mereka kepada masyarakat dan negara.

ASN memiliki hak dan kewajiban. Hak setiap ASN ialah mendapat gaji beserta tunjangan atau honor lain sesuai beban dan tanggung jawab pekerjaan. Kewajiban ASN ialah masuk kantor tepat waktu, menjalankan tugas sebaik mungkin, dan menaati berbagai aturan kepegawaian.

“Salah satu aturan itu ialah jam masuk kantor (kedinasan), yakni pukul 07.30 – 14.30 (Waktu Papua). ASN tidak bisa seenaknya bolos atau sesuka hati datang ke kantor,” kata Penjabat Sekretaris Daerah Nabire Daniel Maipon kepada Jubi pada kesempatan terpisah.

Maipon juga mengingatkan ASN melayani masyarakat dengan ketulusan hati. Hal, yang menurutnya sederhana, tetapi berdampak besar dalam pelayanan ialah memberi senyuman dan bersikap ramah kepada warga yang dilayani.

“ASN merupakan pelayan masyarakat maka layani mereka dengan baik. Aparatur harus tersenyum, ramah, iklas serta bertangggung jawab terhadap pelayanan,” ujarnya.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Nabire tersebut berjanji membangun komunikasi yang baik dengan para pemimpin organisasi pemerintah daerah (OPD). Mereka harus didorong untuk memotivasi para ASN di lingkungan kerja masing-masing agar meningkatkan kedisiplinan dan pelayanan kepada masyarakat. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top