Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Hampir 300 pengungsi kembali ke Wamena

Pengungsi yang akan kembali ke Wamena saat akan diangkut menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU – Jubi/Dok. Lanud Silas Papare Jayapura.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Ratusan warga Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua yang mengungsi ke Jayapura telah kembali ke wilayah tersebut sejak tiga hari terakhir.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara atau Lanud Silas Papare Jayapura, Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso mengatakan, sejak 9-11 Oktober 2019, pesawat Hercules milik TNI AU telah melakukan tiga kali melakukan penerbangan mengangkut sebanyak 293 pengungsi dari Jayapura yang kembali ke Wamena.

Sedikitnya 4.500 warga Wamena mengungsi ke Jayapura pasca-demonstrasi berujung rusuh di wilayah tersebut pada 23 Oktober 2019. Sebagian besar warga tersebut memilih kembali ke kampung halamannya. Hingga pekan lalu, tercatat warga Wamena yang ditampung di beberapa lokasi pengungsian sementara di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura sebanyak 1.613 orang.

Menurut Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso, pada Jumat (11/10/2019) pukul 08.25 WP Pesawat Hercules A-1336 TNI AU mengangkut sebanyak 104 pengungsi dari Jayapura ke Wamena. Ratusan pengungsi itu terdiri dari 78 orang dewasa dan 26 anak-anak.

Loading...
;

Katanya, anak-anak usia sekolah ikut bersama orangtuanya kembali ke Wamena karena ingin mengikuti ujian.

“Sebelum diberangkatkan kami menyerahkan bantuan dari para donatur berupa peralatan sekolah kepada anak-anak usia sekolah. Sementara pengungsi dewasa kami berikan kebutuhan pokok secukupnya,” kata Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso, Jumat (11/10/2019).

Pihak Lanud Silas Papare tetap membuka posko pengembalian para pengungsi, khususnya dari Jayapura ke Wamena.

Kata Danlanud Silas Papare, setiap sore pihaknya mengumpulkan data-data pengungsi yang ingin kembali ke Wamena dari setiap posko pengungsian yang ada di Kabupaten Jayapura maupun wilayah Kota Jayapura. Jika pengungsi yang mendaftar untuk kembali ke Wamena jumlah mencapai 70 orang, TNI AU akan mengerahkan pesawat Hercules untuk membawa mereka.

“Akan tetapi jika jumlahnya kurang dari 70 orang, maka kami menunggu hingga mencapai jumlahnya mencapai 70 orang. Kami juga mempertimbangkan efisiensi jam terbang,” ujarnya.

Hingga kini baru satu pesawat Hercules milik TNI AU yang disiagakan membawa kembali pengungsi ke Wamena. Akan tetapi jika nantinya jumlah pengungsi yang ingin kembali ke Wamena mencapai 200 orang setia hari, pihak TNI AU akan memperbantukan satu pesawat jenis CN-235 atau 295 yang ada kini disiagakan di Kabupaten Biak Numfor.

“Saya rasa jumlah ini masih cukup karena jumlah pengungsinya belum sampai lebih dari 200 orang,” ucapnya. Sementara Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol A.M. Kamal mengatakan hingga kini situasi keamanan di Wamena dan Papua secara keseluruhan kondusif.

“Semoga ke depan lebih kobdusif agar aktivitas masyarakat di Papua semakin baik, khususnya di Wamena. Kemarin ada beberapa warga sudah kembali ke Wamena untuk melaksanakan kegiatannya seperti sebelum kejadian,” kata Kombes Pol A.M. Kamal.

Menurutnya, rumah warga Wamena yang dirusak saat terjadi insiden di kota tersebut kini sedang dilakukan perbaikan. (*)

Editor: Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top